ANALISIS KEWIRAUSAHAAN
“NIA GYPSUM”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
yang diampu oleh Dr., Drs., Sukirman., S.Pd., SH., MM.
Disususn oleh :
Alfiyatur Rohmaniyah
(201511351)
Kelas IV B Manajemen
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta
alam. Shalawat serta salam kita dilimpahkan kepada Rasulullah SAW. Penulis
bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberikan hidayah serta taufiq-Nya kepada
penulis sehingga tugas makalah yang berjudul Analisis Kewirausahaan “NIA GYPSUM”
dapat terselesaikan.
Dalam pembuatan makalah ini penulis
mendapat banyak dukungan dan bantuaan dari berbagai pihak, oleh karena itu
penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu:
1.
Bapak Dr., Drs., Sukirman, S.Pd., SH.,
MM., selaku dosen mata kuliah Kewirausahaan.
2.
Kedua orang tua yang selalu mendukung.
3.
Teman-teman yang telah membantu
menyelesaikan.
Demikian yang dapat penulis sampaikan,
semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Penulis juga mengharapkan
saran dan kritik guna memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi dan
menjadikan proposal maupun tugas-tugas selanjutnya menjadi lebih baik lagi.
Wasalamualaikum wr.wb
Kudus, 19 April 2017
Penulis
DAFTRA ISI
Halaman Cover..................................................................................................................
Kata Pengantar..................................................................................................................
Daftar Isi............................................................................................................................
Abstrak...............................................................................................................................
BAB I Pendahuluan..........................................................................................................
1.1
Latar Belakang.........................................................................................................
1.2
Rumusan Masalah...................................................................................................
1.2.1
Bagaimana nilai wirausaha di bisnis
Nia Gypsum? ......................................
1.2.2
Bagaimana jiwa wirausaha Nia Gypsum
dalam berbisnis?...........................
1.2.3
Bagaimna risiko-risiko usaha yang
ada dalam bisnis Nia Gypsum?.............
1.3
Tujuan......................................................................................................................
1.3.1
Untuk mengetahui nilai kewirausahaan
bisnis Nia Gypsum.........................
1.3.2
Untuk mengetahui jiwa wirausaha Nia
Gypsum dalam berbisnis.................
1.3.3
Untuk mengetahui risiko usaha yang
dihadapi Nia Gypsum.........................
BAB II Kajian Teori.........................................................................................................
2.1
Wirausaha................................................................................................................
2.1.1
Pendahuluan...................................................................................................
2.1.2
Risiko dan Karakteristik................................................................................
2.1.3
Mengatasi Tekanan........................................................................................
2.2
Jiwa Wirausaha........................................................................................................
2.2.1
Pendahukuan..................................................................................................
2.2.2
Ideologi Wirausaha........................................................................................
2.2.3
Jati Diri Wirausaha........................................................................................
2.2.4
Bisnis Ditempat Kerja....................................................................................
2.2.5
Sikap Karir.....................................................................................................
2.2.6
Sikap Mental..................................................................................................
2.2.7
Prilaku Positif.................................................................................................
2.2.8
Kebiasaan dan Sikap......................................................................................
2.3
Risiko Usaha............................................................................................................
2.3.1
Pendahuluan...................................................................................................
2.3.2
Kondisi Berisiko............................................................................................
2.3.3
Keputusan Risiko...........................................................................................
2.3.4
Kembangkan Ide............................................................................................
2.3.5
Tipe Pengambilan Risiko...............................................................................
2.3.6
Delegasikan Wewenang.................................................................................
2.3.7
Melaksanakan Perubahan...............................................................................
2.3.8
Evaluasi Risiko..............................................................................................
2.3.9
Pengambilan Risiko.......................................................................................
BAB III Materi Produk....................................................................................................
3.1
Definisi List dan Do (tempat lampu)
Gypsum........................................................
3.2
Kegunaan List dan Do Gypsum..............................................................................
3.3
Keindahan List dan Do Gypsum.............................................................................
BAB IV Pembahasan Analisis..........................................................................................
4.1
Wirausaha................................................................................................................
4.2
Jiwa Wirausaha........................................................................................................
4.3
Risiko Usaha............................................................................................................
BAB V Penutup.................................................................................................................
5.1
Kesimpulan..............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................
ABSTRAK
Sebagai seorang
wirausaha memang sangat baik, karena seorang wirausaha entreprenuer
adalah seseorang yang bertindak membuat organisasi, mengelola dan menentukan
atau merani menanggung risiko sebuah bisnis. Sebagai seorang wirausahawan (entreprenuer)
harus mempunyai empat karakteristik berbisnis, salah satunya adalah menjalankan
sebuah bisnisnya yang mempunyai kemungkinan untuk menghasilkan keuntungan. Oleh
sebab itu saya berbisnis Nia Gypsum ini juga telah mempertimbangkan hal
tersebut, bagaimanakah dengan usaha yang akan saya jalani itu mengalami
keuntungana atau malah sebaliknya. Sesuai dengan tujuan setiap orang dalam
berbisnis tentunya adalah untuk mendapatkan profit, begitujuga dengan
saya tujuan membuat usaha adalaha untuk mendapatkan profIit dan selain
itu juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi para penganggur sehingga nilai
pengangguran menjadi sedikit berkurang.
Melihat
banyaknya para wirausaha yang sukses kebanyakan dari para pedagang, maka saya
memilih berbisnis Gypsum dikarenakan pada saat ini banyak sekali
bangunan-banguna atau banyak orang yang membuat rumah, sehingga kemungkinan
besar rumah-rumah tersebut akan di pasagkan plafon.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sebagai seorang
calon wirausaha atau pembisnis harus mengetahui apa itu wirausaha, kegiatanya
ataupun yang lain, karena hal itu menjadi suatu kewajiban bagi mereka sebelum
akhirnya menjalankan dan mengelola bisnisnya. Dengan begitu dapat dipastikan
bahwa usaha yang akan didirikan nantinya akan berkembang karena wawasannya yang
begitu luas.
Wirausaha atau entreprenuer
merupakan suatu aktifitas jual beli yang memang dapat dilakukan oleh siapa saja
dari kalangan yang berbeda-beda. Wirausaha pada saat ini sudah tidak asing
lagi, karena wirausaha sudah berkembang dengan luas hingga tersedia dalam
berbagai segmen yang beragam dengan tingkat skala yang berbeda-beda, mulai dari
yang skalanya tingkat kecil, menengah, hingga yang tingkat skalanya besar.
Dalam latar
belakang wirausaha sendiri diketahui bahwa wirausaha (entreprenuer)
merupakan tindakan seseorang yang berani menangggung risiko sebuah bisnis,
adanya pertumbuhan bisnis dan hasilnya akan meningkatkan kapitalisasi
perusahaan.
Dengan kata
lain bahwa wirausaha adalah sebuah kemampuan atau skill tertentu untuk
menciptakan nilai plus (keuntungan) di pasar dengan proses atau cara
pengolahan sumber daya menggunakan berbagai macam cara yang berbeda.
1.2
Rumusan Masalah
1.2.1
Bagaimana nilai wirausaha di bisnis
Nia Gypsum?
1.2.2
Bagaimana jiwa wirausaha Nia Gypsum
dalam berbisnis?
1.2.3
Bagaimana risiko-risiko usaha yang
ada dalam bisnis Nia Gypsum?
1.3
Tujuan
1.3.1
Untuk mengetahui nilai kewirausahaan
bisnis Nia Gypsum.
1.3.2
Untuk mengetahui jiwa wirausaha Nia
Gypsum dalam berbisnis.
1.3.3
Untuk mengetahui risiko usaha yang
dihadapi Nia Gypsum.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1
WIRAUSAHA
2.1.1
Pendahuluan
Pengertian wirausahawan (entrepreneur) diperoleh dari
berbagai buku maupun kamus, Kurotku dan Hodgetts (2001) menyatakan bahwa entrepreneur
berasal dari bahsa perancis yaitu entreprendre yang berarti mengambil
pekerjaan (to undertake). Konsep mengenai entrepreneur adalah
sebagai berikut: “The entreprenuer is one who undertake to organize, manage,
and asume the risk of a business.”
Konsep ini memberikan arti bahwa usahawan merupakan seseorang yang
betindak membuat organisasi, mengelola dan menentukan risiko sebuah bisnis.
Berdasarkan konsep tersebut, risiko yang terjadi dalam sebuah bisnis diambil
oleh yang melakukan bisnis.
Zimmerer dan Scarborough (2005) memberikan konsep wirausahawan sebagai
berikut: “An entreprenuer is one who creates a new business of achieving
profit and growth by identifying significant opprotunities an assembling the
necessary resources to capitalize on them.”
Konsep tersebut menceritakan bahwa wirausahawan merupakan seseorang
yang menghadapi risiko di masa mendatang dan bertujuan untuk mendapatkan profit
dengan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki sehingga mengalami
peningkatan terhadapusaha.
Berdasarkan kedua konsep diatas tersebut bahwa entreprenuer merupakan
tindakan seseorang yang berani menanggung risiko sebuah bisnis, adanya
pertumbuhan bisnis, hasilnya akan meningkatkan kapitalisasi perusahaan.
Entreprenuer mempunyai
empat karakteristik diantaranya yaitu:
1.
Menjalankan sebuah bisnis yang
mempunyai kemungkinan menghasilkan keuntungan.
2.
Berani menanggung dan menerima
risiko bisnis tersebut di masa-masa mendatang.
3.
Bisnis yang sedang ditekuni akan
mempunyai kesempatan bertumbuh.
4.
Perusahaan akan membuat inovasi dan
terjadi kapitalisasi bisnis tersebut.
Berbagai pihak menyatakan bahwa entreprenuer dihubungkan dengan
inovasi karena tindakan bisnis yang dihasilkan bisa unik dan mempunyai inovasi
tinggi.inovasi tersebut akan mengandung risiko pada hasil atau pada awal
memulai bisnis.
2.1.2
Risiko dan
Karakteristik
Landau (1982) mengusulkan hubungan dari risiko yang dibawa (risk
bearing) dengan karakteristik inovasi membuat sebuah dasar klasifikasi entreprenuer.
Hubungan tersebut dapat diperhatikan pada tabel berikut:
Entreprenuer Klasifikasi Landau
Gambler
|
Entreprenuer
|
Consolidator
|
Dreamer
|
High
Risk Bearing
Low
Low High
Innovativeness
Consolidator adalah entreprenuer
yang hanya bisa menerima risiko rendah dan karakteristik inovasi rendah. Entreprenuer
dalah seseorang yang mempunyai karakteristik inovasi tiggi dan risiko yang
dihadapi atau yang dibawanya juga tinggi.
Kurotku dan Hodgetts (2001) menyebutkan ada 10 karakteristik dari
entreprenuer yaitu:
1.
Entreprenuer adalah pelaku bukan pemilik.
2.
Entreprenuer dilahirkan, bukan diciptakan ataupun dibuat.
3.
Entreprenuer selalu jadi penemu atu pencipta sesuatu.
4.
Entreprenuer adalah akademisi dan tidak bisa menyesuaikan dalam masyarakat.
5.
Entreprenuer harus memenuhi the profile.
6.
Kebutuhan entreprenuer adalah
uang.
7.
Kebutuhan entreprenuer adalah
keberuntungan.
8.
Ketidaktahuan merupakakan
kebahagiaan bagi entreprenuer.
9.
Entreprenuer menginginkan keberhasilan tetapi pengalaman menyatakan tingkat
kegagalan cukup tinggi.
10.
Entreprenuer adalah sangat pengambil risiko (gamblers).
Karakteristik ini sangat memberikan pandangan kepada semua pihak
bahwa entreprenuer selalu membawa risiko dan inovasi. Kao (1991)
menyebutkan terdapat 11 karakteristik entreprenuer yaitu:
1.
Total komitmen, penentu, dan
melindungi.
2.
Dorongan untuk mendapatkan dan
bertumbuh.
3.
Orientasi kepada kesempatan dan
tujuan.
4.
Mempunyai inisiatif dan tanggung
jawab personal.
5.
Pemecah persoalan secara terus
menerus.
6.
Memiliki realisme dan dan dapat
bercengkerama (humor).
7.
Selalu mencari dan menggunakan umpan
balik (feedback).
8.
Selalu berfokus pada internal.
9.
Menghitung dan mencari risiko.
10.
Kebutuhan yang kecil untuk setatus
dan kekuasaan.
11.
Memiliki integritas dan realibitas.
Berdasarkan
karakteristik entreprenuer yang dikemukakan oleh beberapa ahli diatas dapat
disimpilkan bahwa entreprenuer harus memiliki motivasi kerja keras, mempunyai
jaringan (network), inovasi dan keinginan bertumbuh serta pemgambil
risiko. Kondisi ini menunjukkan bahwa entreprenuer menemui tekanan (stress)
setiap inovasi yang dikerjakan. Tekanan tersebut bersumber dari berbagai
kejadian, menurut Boyd dan Gumpert (1983) bahwa sumber tekanan dapat
diidentifikasi dari empat penyebab yaitu: kesepian, terbenam dalam bisnis yang
dikerjakan,persoalan-persoalan manusia (pegawai), dan kebutuhan akan keberhasilan
yang tercapai.
2.1.3
Mengatasi
Tekanan
Mengantisipasi tekanan entreprenuer harus bisa berhasil, supaya
dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Kebiasaan mengantisipasi tekanan
dilakukan para entreprenuer seperti melakukan meditasi, melemahkan otot
dengan olahraga, mencari hiburan dan lain sebagainya. Terdapat lima persoalan
yang perlu dikerjakan agar tekanan teratasi, yaitu:
1.
Menciptakan networking, kesepian
yang dihadapi dilakukan dengan menciptakan hubungan baik dengan berbagai pihak
sehingga mampu bercerita permasalahan yang dihadapi.
2.
Keluar dari persoalan secara total,
pada saat tidak bekerja seperti harilibur atau akhir pekan entreprenuer
melepaskan semua pekerjaan dan tidak menerima laporan sehingga kondisi tubuh
dapat menciptakan kesegaran.
3.
Berkomunikasi dengan pekerja, entreprenuer
mau membuka pintu dan berdiskusi dengan karyawan. Hubungan baik dengan karyawan
akan membantu entreprenuer dalam menghadapi persoalan.
4.
Menciptakan kepuasan di luar
perusahaan, entreprenuer dapat melakukan kegiatan di luar perusahaan untuk
mendapat kepuasan sehingga bisnis yang dikerjakan tidak menjadi persoalan.
5.
Pendelegasian, entreprenuer harus
bisa mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan dan tidak dikerjakan sendiri
seluruhnya.
Seluruh uraian
tersebut memberikan penjelasan tentang entreprenuer termasuk stres yang
dihadapi. Inovasi dan risiko serta keinginan berkembang merupakan karakteristik
utama dari entreprenuer.
2.2
JIWA WIRAUSAHA
2.2.1
Pendahuluan
Pelaku usaha merupakan
individu yang berorientasi kepada tindakan dan bermotivasi tinggi mengambil
risiko dalam mengejar tujuan.
Ciri dan profil wirausaha adalah sebagai berikut:
Ciri-ciri
|
Watak
|
Percaya diri
|
Yakin, tidak tergantung, individualis dan optimis.
|
Berorientasikan pada tugas dan hasil
|
Buruh prestasi, orientasi laba, tekun dan tabah,
kerja keras dan dorongan kuat, energik dan inisiatif.
|
Pengambil risiko
|
Mampu mengambil risiko dan menyukai tantangan.
|
Kepemimpinan
|
Sebagai pemimpin, mudah bergaul, menanggapi saran
dan kritik
|
Keorisinilan
|
Inovatif dan kreatif, fleksibel, banyak sumber,
serba bisa, dan banyak tahu.
|
Berorientasi ke masa depan
|
Pandangan ke depan, perseptif.
|
sumber : East West
Center, Honolou. 1977 dalam Meredith, GG. et al.
Untuk menjadi pelaku
usaha yang baik, jiwa tersebut perlu dmiliki dan dikembangkan. Seluruh
sifat-sifat belum tentu dimiliki, semakin banyak yang dimiliki, maka semakin
besar kemungkinan menjadi wirausaha yang baik. Kebanyakan ciri jiwa wirausaha
antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Contoh, individu mempunyai
keyakinan untuk menerima tanggungjawab atas perbuatan-perbuatan, bersedia
mengambil risiko dan menjadi pemimpin. Terdapat wirausaha yang tidak memenuhi
kesembilan belas sifat jiwa wirausaha atau satu dari yang lain, ada yang
sombong, terlalu ideal, bersifat hangat dan bersahabat, serta ada yang menarik
diri dan pemalu. Pengukuran berdasarkan sifat pribadi dan ketrampilan, maka
sebagai kelompok pelaku usaha, para wirausaha sangat berbeda dari yang bukan
wirausaha.
2.2.2
Idiologi
Wirausaha
Keberhasilan pelaku usaha
tergantung pada kesediaan untuk bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri,
belajar tentang diri sendiri untuk mencapai tujuan yag sesuai dengan keinginan
dalam menjalani hidup. Tentunya kekuatan datang pada diri sendiri bukan dari
orang lain. Risiko kegagalan selalu ada, pelaku usaha mengambil risiko dengan
menerima tanggung jawab atas tidakan sendiri. Kegagalan harus diterima sebgaai
pengalamna belajar. Wirausaha berhasil setelah mengalami kegagalan, berdasarkan
pengalaman dari masa lampau membatu menyalurkan kegiatan-kegiatan untuk
mencapai hasil-hasil yang lebih positif, dan keberhasilan merupakan buah dari
usaha yang tidak mengenal lelah.
Capaian tujua yang
berhubungan dengan kemampuan da ketrampilan. Terima diri sendiri, tekankan
kekuatan-kekuatan serta kurangi kelemahan, jujur dan agresif dalam mengejar
tujuan, dipastikan mencapai hasil yang positif. Berorientasi pada tujuan
mendorong munculnya sifat muda yang paling baik. Lakuka hal ynag pentng dnaa
mampu untuk dikerjakan.
Mencapai kesempurnaan
merupakan sesuatu yang ideal dalam mengejar tujuan, tetapi bukan merupakan
sasaran yang realistik bagi wirausaha padaumumnya. Hasil yang diterima lebih
penting dari hasil yag sempurna. Berusaha mencapai suatu hasil yag sempurna
untuk satu tujua dalam jangkawaktu yang terlalu lama hanya akan menghambat
perkembagan dan pertumbuhan pribadi.
2.2.3
Jati
Diri Wirausaha
Manusia merupaka individu
yang unik, mempunyai pengalaman masa lampau berbeda, hidup dalam situasi
berlainan, mempunyai ikatan dan tanggungjawab berlainan, dan mempunyai tjuan
hidup berlainan. Pengalaman seorang pelaku usaha cukup luas dan beragam serta
dapat menentukan situasi kehidupan yang sekarang. Wirausaha selalu meniru
antara satu dengan lainnya, yang tua dan identifikasi mendekati “model peranan”
akan menghasilkan sikap dan ketrampilan lebih mumpuni.
Pekerjaan, kondisi
keluarga, keuangans erta faktor-faktor lain menentukan sikap dalam melakukan
usaha. Pelaku bisnis mempunyai berbagai kewajiban dan ikatan terhadap diri
sendiri dan orang lain termasuk istri, keluarga, atasan atau karyawan, apabila
ikatan dan kewajiban di luar pekerjaan terlalu banyak, akan mengalami kesulitan
berkelakuan sebagai wirausaha. Merencanakan masa depan bersifat realistik dalam menentukan diri sendiri yag dapat
dantidak dapat diubah. Pengalaman masa lalu membantu memahami lebih baik
situasi yang ada sekarang.
Wirausaha mempunyai
tujuan dan harapan tertentu, semakin jelas tujuan semakin besar kemungkinan
tercapai, dan sadar akan cara-cara baru untuk meningkatkan produktivitas diri
sendiri. Kunci utama bagi keberhasilan adalah keterlibatan dalam pertumbuhan
pribadi secra terus-menerus.
2.2.4
Bisnis
Ditempat Kerja
Melakukan bisnis adalah
suatu gaya hidup dan prinsip tertentu untuk mempengaruhi strategi karier.
Berlakulah fleksibel, imaginatif, mampu merencanakan, mangambil risiko,
mengambil keputusan dan tindakan untuk mencapai tujuan. Bersedia bekerja dalam
keadaan konflik, perubahan, da keragu-raguan. Bararti bahwa pelaku bisnis perlu
menganalisis diri sendiri dalam hubungan dengan lingkungan tempat bekerja.
Pelaku bisnis menyusun
prioritas dalam sasaran-sasaran karier dan hasil yang diinginkan diharapkan
berkaitan dengantujuan yang dapat diukur dan berarti. Sasaran ini bersifat
menantang, memberi motivasi kepada pelaku usaha untuk belajar dan berkembang
dalam karier. Pelaku usaha akan belajar paling baik, jika melakukan hal-hal
yang menarik minat dan mempunyai ikatan pada tujuan tertentu, menimbang
sifat-sifat pribadi sesuai dengan kondisi pelaku usaha. Rangkaian pernyataan
berikut memberi petunjuk tentang kemampuan pelaku usaha.
Tabel
Kemampuan Wirausaha
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
Pekerjaan diri pelaku
bisnis menghendaki percaya pada diri sendiri.
|
|
|
Pelaku bisnis mempunyai
motivasi diri untuk mencapai tujuan.
|
|
|
Pelaku bisnis dapat
bekerja dengan orang lain.
|
|
|
Pelaku bisnis mengambil
peran kepemimpinan dalam suatu kelompok
|
|
|
Pelaku bisnis
memanfaatkan kesempatan untuk meluaskan pengetahuan dengan mengikuti kursus
maupun pendidikan.
|
|
|
Pelaku bisnis dapat
berkomunikasi baik dengan orang lain.
|
|
|
Pelaku bisnis pendengar
yang baik.
|
|
|
Prestasi pelaku bisnis
menunjukkan perkembangan secara personal dan profesional.
|
|
|
Pelaku bisnis memiliki
citra diri yang positif.
|
|
|
Tujuan yang ingin
dicapai merupakan tantangan.
|
|
|
Pelaku bisnis mampu
membuat keputusan dengan mudah.
|
|
|
2.2.5
Sikap
Karir
Pelaku bisnis memiliki
kemampuan tertentu yang dapat diterapkan pada sejumlah karir. Faktor-faktor
berikut membantu pelaku usaha dalam mengembangkan sikap kewirausahaan pada
karir.
1.
Pilih karir yang memberikan pada pelaku
usaha untuk mewujudkan diri secara kreatif dan memungkinkan pertumbuhan pribadi
maupun profesi, tidak menganggap remeh kemampuan dan bakat diri sendiri.
2.
Apabila memulai karir, tindakan pelaku
bisnis sebaiknya mencontoh usahawan yang berhasil dalam bidang sejenis. Sekali
mengerti teknik dalam mencapai sukses, gunakan untuk mengembangkan karir
sendiri. Tidak dibenarkan meniru secara gelap, pusatkan perhatian pada aspek
khusus dari pelaku usaha yang berhasil. Kembangkan sifat positif melalui
kegiatan sehari-hari.
3.
Diperlakukan pengetahuan sebanyak mungkin
tentang karir yang telah dipilih. Pengetahuan tersebut sangat membantu menjadi
ahli dalam jenis pekerjaan tertentu.
4.
Tingkatkan kemampuan diri secara terus
menerus, puas dengan prestasi masa lampau, pandang ke depan untuk menciptakan
tujuan baru sebagai sumber perbaikan diri.
5.
Semua selalu berubah, berrti pelaku usaha
mampu melakukan berubah. Terima perubahan dan ginakan untuk memotivasi diri
dalam mencapai tujuan atau sasaran yang lebih tinggi.
6.
Berorientasikan pada tindakan, mampu
mengambil keuntungan dari peluang-peluang karir baru yang mengantar pada
kesuksesasan masa depan.
7.
Memiliki kekuatan dan kelemahan diri, dari
pada menghabiskan waktu untuk menghilangkan kelemahan, lebih baik bersandar dan
gunakan kekuatan untuk mengatasi kelemahan. Terima kelemahan dan cari sumber
daya lain untuk menyeimbangkan kekurangan.
8.
Susun kegiatan menjadi rutin agar
mempunyai banyak waktu untuk berwirausaha, gunakan sedikit tenaga untuk
kegiatan non-rutin menghendaki lebih banyak waktu dan tenaga. Keteraturan dan
kerutinan dalam kehidupan sehari-hari, membuat pelaku bisnis mempunyai bayak
waktu dan tenaga untuk kegiatan yang kretaif.
9.
Terimalah tanggung jawab secara pribadi
untuk mensukseskan sesuatu kegiatan dari suatu keadaan.
10. Mampu
menggabungkan sifat pribadi dari individu yang bekerja untuk diri sendiri dalam
upaya mencapai hasil maksimum. Keberhasilan akan ditentukan oleh prestasi
karyawan.
11. Mempunyai
keyakinan pada diri sendiri maupun karyawan, yakin akan kemampuan staff dan
hasil yang dicapai.
12. Penampilan
diri mempengaruhi citra diri sendiri, apabila tampil baik akan merasa baik
juga. Penampilan menentukan positif atau negatif reaksi orang lain dari diri
sendiri, pastikan penampilan menarik.
13. Mengambil
keputusan merupakan ciri utamadari pelaku usaha yang berhasil. Keputusan
diambil dengan informasi dan fakta yang terbatas, jika situasi menghendki agar
mengambil keputusan, buat keputusan dan awasi keputusan untuk diterapkan.
14. Jalani
hidup pada masa sekarang dan jangan boros waktu dengan menyesali kegagalan di
masa lampau. Pandang kedepan untuk memberikan pengalaman yang menguntungkan dan
memuaskan.
2.2.6
Sikap
Mental
Pelaku usaha memiliki
pandangan hidup sehat, merupakan individu-individu yang telah mengembangkan
cara menilai pengalaman-pengalaman secara sehat.
Berikut saran untuk pengembangan sikap mental yang
baik :
1. Pelaku
bisnis merupakan orang yang mengetahui bagaimana menemukan kepuasan dalam
pekerjaan dan bangga akan prestasi. Tunjukkan sikap yang positif terhadap
pekerjaan karena sikap ini menentukan keberhasilan.
2. Otak
merupakan alat yang berdaya luar bias, menyediakan waktu beberapa saat setiap
hari untuk memikirkan sesuatu memungkinkan terarah pada kegiatan-kegiatan yang
berarti.
3. Sebagian
manusia membatasi pikiran pada problem dan kegiatan-kegiatan sehari-hari.
Gunakan imajinasi untuk meluaskan pikiran dan coba berpikir yang besar-besar.
Pelaku usah yang dapat melihat image besar adalah bersifat wirausaha dan
merupakan calon pemimpin bisnsi maupun masyarakat.
4. Humor
ikut mengembangkan sikap mental yang sehat, terlalu serius dapat merugikan
pekerjaan dan tidak sehat. Menunjukkan rasa humor berpengaruh pada orang lain
dengan jalan menyebarkan optimisme dan suasana yang santai.
5. Piiran
harus terorganisasi dengan baik dan mampu memusatkan pada berbagai
permasalahan. Mampu memindahkan perhatian dari satu permasalahan ke
permasalahan lain dengan upaya yang minim.
2.2.7
Perilaku
Positif
Perilaku individu pada
dasarnya membiarkan keadaan luar mengendalikan sika[, pelaku usaha menggunakan
sikap untuk mengendalikan keadaan. Sikap positif memudahkan untuk memfokus pada
kegiatan, kejadian dn atas hasil yang diinginkan. Pengalaman negatif mempunyai
segi yang positif. Bersikap secara positif terhadap semua peristiwa dan mencari
hikmah dari pengalaman.
Penelitian mutakhir
menunjukkan bahwa ciri pokok dari wirausaha berhasil adalah kemampuan untuk
mengambil keputusan dalam suasana stress. Mengelola dalam situasi stress yang
terus menerus menghendaki keadaan fisik dan mental baik.
2.2.8
Kebiasaan
dan Sikap
Perbuatan baik sulit
diperoleh, tetapi sekali telah diperoleh merupakan harta yang paling utama.
Eksekutif puncak telah menjadikan kebiasaan mulai bekerja pagi-pagi. Bangun dua
atau tiga jam lebih dini dari orang biasa merupakan sebuah cara untuk menjadi
lebih produktif, ini menghendaki usaha besar dan tidak menyenangkan. Apabila
pelaku usaha dapt membentuka kebiasaan selama satu bualn setiap hari, akan
menjadi kebiasaan. Menggunakan waktu dini secara produktif, membantu jika malam
sebelumnya telah memutuskan bagaimana menggunakannya. Kondisi semacam ini akan membawa kebiasaan
baik lainnya.
Setelah satu bulan
mempertahankan kebiasaan yang baru diperoleh, kemungkinan besar bahwa kebiasaan
baik tersebut memegang peranan penting dalam prestasi masa depan. Kebiasaan
baru perlu menggantika kebiasaan lama agar ikut menunjang keberhasilan masa
depan.
2.3
RISIKO USAHA
2.3.1
Pendahuluan
Wirausaha
menyukai risiko realistik karena ingin berhasil = mendapatkan kepuasan besar
dalam melaksanakan tugas yang sukar tetapi realistik dengan menerapkan
ketrampilan-keterampilan yang dimiliki, sehingga risiko kecil dan risiko tinggi
dihindari karena sumber kepuasan tidak terdapat pada situasi itu. Berarti
wirausaha menyukai tantangan yang sukar tetapi dapat dicapai.
Semakin
bertambah besarnya perusahaan, maka bertambah banyak persoalan yang akan
dihadapi. Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan menghendaki bahwa pelaku
usaha tidak takut mengambil keputusan dan bersedia menerima resiko tertentu.
Sebagian pengusaha merasa takut mengambil risiko karena ingin amandan mengelak
kegagalan, tetapi semua tahap pekerjaan mengandung risiko, dimana merupakan
bagian dari kegiatan pelaku usaha. Wirausaha bekerja dibawah tekanan-tekanan
dan kondisi pengambilan risiko danharus mengerti bahwa kemungkinan gagal selalu
ada.
2.3.2
Kondisi
Berisiko
Kondisi
berisiko terjadi apabila pelaku usaha supaya membuat pilihandari dua alternatif
atau lebih, yang mengakibatkan hasilnya tidak diketahui dan harus dinilai
secara obyektif. Kondisi semacam ini mengandung potensi kegagalan dan
keberhasilan. Semakin besar kemungkinan rugi semakin besar risiko yang
dihadapi. Sebagai penentu keputusan risiko pelaku usaha harus mengambil
keputusan dalam situasi penuh ketidakpastian dengan menimbang kemungkinan
sukses atau rugi. Pelaku usaha dapat memilih alternatif yang “mengandung
risiko” atau alternatif “konservatif” tergantung dari:
1.
Kemampuan daya tariksetiap
alternatif,
2.
Kesediaan menerima kerugian,
3.
Kemampuan menerima keberhasilan dan
kegagalan,
4.
Kemampuan meningkatkan keberhasilan
dan mengurangi kerugian.
Contoh:
Seorang karyawan mempunyai sebuah
pekerjaan yang aman, dengan gaji Rp 35.000.000,- per tahun dan mendapatkan
peluang utuk promosi setiap empat tahun. Karyawan tersebut juga mendapatkan
peluang untuk membeli sebuah perusahaan dagang masa depan yang tidak pasti,
namun demikian gaji pemilik perusahaan sekarang adalah Rp 45.000.000,- per
tahun. Perusahaan tersebut bisa jadi berhasil terus, atau mungkin malah
sebaliknya akan mengalami kegagalan dalam waktu dua atau tiga tahun yang akan
datang. Pilihan karyawan berada pada posisi antara tetap tinggal pada pekerjaan
yang aman sebagai karyawan dengan imbalan keuangan dan karir yang pasti dan
dapat diprediksi, atau mengambil risiko dengan kemungkinan mendapatkan imbalan
karir dan keuangan yang lebih tinggi.
Terdapat oarang
yang tidak suka mengambil risiko, apapun kemungkinan keberhasilan yang akan
terjadi, lebih suka pada posisi aman. Selain pada posisi itu terdapat orang
lain lebih “bersemangat”, tidak puas dengan posisi sekarang dan mencari “peluang
emas” supaya lebih cepat menjadi kaya. Orang-orang semacam ini cenderung
dipengaruhi oleh berapa besar jumlah
imbalan yang ditawarkan, tidak memperhatikan akan kesuksesan dan belum
mempertimbangkan tingkat usaha yang dikehendaki.
Faktor lain
dari rancangan pelaku usaha terhadap kondisi pengambilan risiko adalah
kesediaan menerima tanggung jawab pribadi atas akibat-akibat keputusan, baik
yang menguntungkan maupun merugikan. Sedangkan bagi bukan pelaku usaha merasa
keberatan menerima tanggung jawab atas keputusan-keputusan yang mengakibatkan
kegagalan, dan menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan dengan
perusahaan besar atau campur tangan pemerintah.
Ciri-ciri
wirausaha saling berkaitan, terutama pada perilaku pengambilan risiko, beberapa
kaitan itu antara lain:
1.
Pengambilan risiko berkaitan dengan
kreativitas dan inovasi serta merupakan bagian penting dalam mengubah ide
menjadi realitas.
2.
Pengambilan risiko berkaitan dengan
kepercayaan pada diri sendiri. Semakin besar keyakinan pada kemampuan sendiri,
semakin besar keyakinan akan kesanggupan untuk mempengaruhi hasil dari
keputusan-keputusan, dan semakin besar kesediaan untuk mencoba apa yang dilihat
orang lain sebagai risiko.
3.
Pengetahuan realistik mengenai
kemampuan-kemampuan diri sendiri, realisme demikian membatasi kegiatan-kegiatan
pada situasi yang dapat pengaruhi hasil.
Semua perilaku
pengambilan risiko tidak sesederhan dan seobyektif apa yang digambarkan
tersebut. Terdapat unsur kegairahan seseorang wirausaha terhadap
ketidakpastian, dan ada dorongan untuk memastikan bahwa konsekuensi yang
dihadapi penuh keberhasilan.
2.3.3
Keputusan
Risiko
Pengambilan
keputasan risiko merupakan masalah yang paling utama dalam merealisasikan
potensi pada diri sendiri sebagai wirausaha. Pengalaman pengambilan risiko
dalam hubungan pribadi dengan anak, isteri dan tetangga akan membantu
memperoleh pengalaman untuk menilai kemungkinan-kemungkinan pengambilan risiko
seperlunya dan mengelakkan risiko yang kecil.
Pengambilan
risiko dalam kehidupan melibatkan suatu kesadaran akan peristiwa-peristiwa masa
lalu, perhatian untuk masa depan, dan keinginan untuk hidup di masa sekarang.
Apabila tidak bersedia mengambil risiko, maka tidak akan pernah dapat
mewujudkan bakat dan kemampuan. Pertumbuhan pribadi dan prefisional datang dari
hidup dimasa sekarang dan mengambil risiko yang perlu untuk mencapai
tujuan-tujuan dimasa yang akan datang.
Selaku pelaku
usaha, harus sadar bahwa pertumbuhan datang dari pengambilan keuntungan
peluang-peluang masa sekarang dalam kehidupan pribadi maupun bisnis dan
pengambilan risiko untuk mencapai tujuan. Beberapa risiko penting adalah yang
membawa belajar mengenai sesuatu yang baru tentang diri sendiri.
Situasi-situasi yang mengandung risiko pribadi harus menantang kemampuan,
jangan meremehkan nilai diri sendiri, karena dimungkinkan mampu mencapai lebih
banyak dari yang dicapai sekarang. Pengambilan risiko merupakan bagian penting
dalam pertumbuhan pribadi, dan berguna dalam menjalankan kegiatan bisnis. Menanggung
risiko pribadi atas tindakan diri sendiri mengurangi ketergantungan pada orang
lain. Wirausaha merupakan orang yang bertanggung jawab, karena mempunyai
kekuatan dan kemampuan untuk menentukan masa depan diri sendiri. Apabila orang
lain menanggung risiko atas tindakan pribadi pelaku usaha, maka berarti peranan
pribadi selaku pelaku usaha atas masa depan diri sendiri sangat lemah.
Risiko timbul
saat seseorang menerima tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang
dilakukan, dan atas keputusan-keputusan itulah maka bertanggung jawab mengatasi
dengan keyakinan yang lebih besar untuk mengurangi risiko. Sulit memisahkan
antara tujuan pribadi dengan tujuan bisnis karena perusahaan merupakan bagian
dari hidup, jangan mengambil risiko yang lebih besar dari yang dapat
ditanggung, hal ini merupakan peringatan karena terdapat godaan untuk
mempertaruhkan semua demi suatu gagasan.
Sebagai
wirausaha jangan mengambil risiko yang tidak diperlukan, usahakan dapat
menguasai emosi dan mengambil risiko jika keuntungan sama atau lebih besar dari
risiko yang terkandung. Kegiatan utama adalah memutuskan apakah tujuan itu
cukup penting untuk dapat membenarkan risiko atau tidak. Kondisi tertentu
wirausaha menggunakan intuisi dan menialai tindakan mana saja yang mengandung
risiko. Intuisi akan menentukan sejauh mana risiko dan hasil yang diperoleh.
2.3.4
Kembangkan Ide
Risiko dan
kreativitas merupakan dua ciri penting wirausaha, berusaha lebih kreatif,
menjadi lebih sadar akan ide yang produktif. Apabila dapat memilih dari
sejumlah ide-ide yang baik, maka lebih siap mengambil risiko yang perlu untuk
melaksanakan ide-ide yang paling produktif.
Semua orang
bisa kreatif, jika telah mengembangkan suatu ide yang kreatif, maka risiko
tertentu akan menyertai pelaksanaan, dalam mengurangi risiko ditolaknya suatu
ide. Berikut ini saran untuk mengatasi hal tersebut:
1.
Utarakan ide kepada isteri atau
teman, lebih baik jika mengutarakan ide terlebih dahulu sebelum ditulis.menerangkan
suatu ide akan mengantar kepada suatu diskusi, akan menghasilkan suatu
perbaikan. Setelah ide itu sudah menjadi pasti baru ditulis. Masih terdapat
kemungkinan terjadi perubahan sebelum mencapai bentuk akhir.
2.
Pilih tempat dan waktu untuk
mengemukakan ide kepada orang lain, jangan mengusulkan ide pada perusahaan
sewaktu mengalami krisis. Organisasi berbeda dalam keadaan stabil sebelum ide
diperkenalkan. Ketepatan waktu sangat penting dalam mengemukakan suatu ide.
Pilih waktu ketika orang lain paling terbuka terhadap sesuatu yang baru.
3.
Kemukakan ide sedikit demi sedikit,
pertama jaukan konsep total, seiring berjalannya waktu, dan semakin tertariknya
orang pada ide, setelah iyu baru rinciannya dikemukakan.
2.3.5
Tipe Pengambil
Risiko
Pengambilan
keputusan atau risiko sedikit banyak dipengaruhi oleh orang lain, pengalaman
lalu, situasi sekarang dan pengharapan-pengharapan masadepan, dalam bisnis
dibutuhkan berbagai tipe pengambilan risiko. Organisasi tingkat bawah dibutuhkan
pekerja yang trampil dalam melaksanakan pekerjaan rutin, sehingga risikonya
sedikit.
Tingkat
manjemen menengah, terdapat kemungkinan lebih banyak untuk pengambilan risiko.
Manajer tingkat lebih banyak mendapat kebebasan untuk inovasi dan membuat
perubahan kecil dalam prosedur dan fungsi-fungsi.nposisi ini dapat dianggap
sebagai pengambil risiko, tetapi dampak atas keseluruhan organisasi harus
minim. Pelaku usaha yang berada pada tingkat paling atas mempunyai kemampuan
untuk merumuskan dan menerapkan ide-ide kreatif. Mengantisipasi keberhasilan
dalam bisnis, wirausaha diharapkan mengambil risiko dalam mewujudkan ide-ide
menjadi kenyataan.
Wirausaha dapat
dikatakan “praktis”, apabila orgaisasi tumbuh berdasarkan pengendalian dan
pengarahan dari diri wirausaha sendiri. Wirausaha praktis berorientasi pada hasil
dan mempunyai keyakinan akan ide-ide sehingga mampu menerima risiko demi
terlaksananya ide, sebaliknya pelaku usaha merasa lebih praktis dalam menyadari
keterbatasan dan membatasi kegiatan sampai pada aktivitas yang mampu
dilaksanakan.
Pelaku usaha yang
kreatifdan inovatif akan mengambil risiko yang sedang, bersedia menerima
perubahan, mencoba alternatif lain dan mengembangkan inovasi untuk barang dan
jasa dalam bidang bisnis baru. Pelaku usaha semacam ini menjadi tokoh dalam
dunia bisnis, mempunyai ide dan mampu menemukan kombinasi antara orang dan
sumber daya lain untuk mewujudkan ide.
2.3.6
Delegasikan
Wewenang
Sebagai pelaku
usaha, posisi pemimpin mempunyai arti dalam mengarahkan kegiatan-kegiatan orang
lain dalam mencapai tujuan perusahaan, tetapi sebaliknya sebagai individu
mempunyai kemampuan yang terbatas, oleh karena itu membutuhkan orang lain untuk
mencapai tujuan organisasi pada posisi yang lebih tinggi. Pemimpin organisasi
diharapkan bersedia memberikan wewenang dan tanggung jawab kepada staf untuk
kegiatan-kegiatan tertentu.
Mendelegasikan
wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain mengandung risiko tertentu.
Terdapat akibat-akibat negatif maupun positif, berarti pemimpin harus
menanggung akibatnya. Pelaku usaha merupakan wirausaha yang berorientasi pada
pertumbuhan harus mempunyai staf yang berorientasikan tindakan dan mampu
menerima wewenag serta tanggung jawab.
Keuntungan
maksimum agar dapat diperoleh, karyawan diberi wewenang dan kebebasan untuk
melaksanakan tugas dari tanggung jawab. Pelaku usaha memerlukan pertolongan
orang lain, tetapi seoarang pemimpin tidak mempunyai waktu untukmemonitor
kegiatan secara langsung, kepercayaan kepada staf ditunjukkan oleh jawaban
terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penilaian usaha, setiap
jawaban memberi petunjuk mengenai kesedian mengambil risiko dalam
mendelegasikan wewenag dan tanggung jawab kepada orang lain dalam organisasi.
2.3.7
Melaksanakan
Perubahan
Setiap
melaksanakan kegiatan harus dapat menentukan apakah ada risiko atau tidak,
suatu risiko, kekuatan, posisi dan kewenangan akan mendapat tantangan. Jika
diketahui terdapat risiko dalam bisnis, maka dibutuhkan kemampuan untuk meniali
situasi secara realistik dan mencari pemecahan. Berani mengambil tindakan
korektif yang diperlukan, walaupun mengandung risiko tertentu.
Suatu risiko
jelas ada, maka diperlukan pengambilan keputusan atau justru tidak penting,
apabila memutuskan mengambil risiko, maka segera melaksanakan suatu rencana
pasti dan mulai mengambil tindakan. Rencana-rencana alternatif juga dirancang,
karena apabila rencana utama tidak berhasil, maka alternatif memungkinkan
eksibilitas bila permasalhan berubah.
Suatu rencana
sudah dicanagkan kemudian dilaksanakan, sehingga jika rencana dilaksanakan maka
dapat mengetahui risiko yang terkandung. Umpan balik yang diterima tidak banya,
kekurangan umpan balik menciptakan keragu-raguan, setelah keputusan dilaksanakan,
mempunyai ikatan penuh dengan keputusan sampai dengan masalah terpecahkan.
Keyakinan dalam nenangani persoalan sangat menentukan, jika yakin serangkaian
tindakan akan memecahkan persoalan, maka tindakan tersebut menentukan hasil.
Mempromosikan keputusan dan memperoleh dukungan orang lain mempengaruhi
suksesnya keputusan.
Kemampuan
mengambil risiko pelaku usaha dipengaruhi oleh:
1.
Keyakinan diri.
2.
Kesediaan untuk menggunakan
kemampuan sepenuhnya untuk mengubah keadaan.
3.
Kemampuan menilai situasi risiko
secara realistis dan mengubah kesempatan atau kemungkinan.
4.
Menghadapi situasi risiko menurut
tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
Tindakan
mengambil risiko merupakan bagian hakiki dari pelaku usaha, oleh karena itu
perlu menatapkan sasaran yang tinggi untuk diri sendiri, kemudian menggunakan
semua kemampuan dan bakat untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, semakin tinggi
tujuan, semakin besar risiko yang akan dihadapi.
2.3.8
Evaluasi Risiko
Keberadaan data
kuantitatif sangat membantu dalam melakuakn evaluasi setiap risiko, menetapkan
tujuan-tujuan dan dimungkinkan menggeneralisasikan kemajuan secara sistematis.
Melalui data kuantitatif, mampu mengukur hasil-hasil yang dicapai dalam
hubungan dengan ide-ide yang telah digariskan.
Data
kuantitatif mendukung pengetahuan, latar belakang dan pengalaman dalam
mengambil keputusan. Lakukan evaluasi kebutuhan sendiri sebelum memutuskan
untuk mengambil risiko. Sebelum mengambil keputusan yang mengandung risiko
perlu memperhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.
Apakah risiko sepadan dengan hasil?
2.
Bagaimana risiko dapat dikurangi
atau dihindari?
3.
Informasi apa yang diperlukan
sebelum risiko diambil?
4.
Sumber-sumber daya mana yang dapat
membantu mengurangi risiko dan mencapai tujuan?
5.
Mengapa risiko ini penting?
6.
Apa yang menakutkan dalam mengambil
risiko?
7.
Apa pelaku usaha bersedia berusaha
sekuat tenaga untuk mencapai tujuan?
8.
Apa yang dapat dicapai dengan
mengambil risiko?
Proses
pemeriksaan diri penting dalam mengambil risiko. Daftar pertanyaan hanya contoh
dari serangkaian pertanyaan yang harus dijawab sebelummenangggung risiko.
Mengambil risiko sebelum mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini dapat
mengakibatkan kegagalan.
2.3.9
Pengambilan
Risiko
Perilaku
pengambilan risiko kewirausahaan semakin diakui sebagai sesuatu yang penting
bagi manajemen tingkat puncak. Terdapat beberapa perusahaan memiliki keinginan
untuk maju memilih laki-laki atau wanita wirausaha yang berani mengambil risiko
dan berinovasi, dari pada manajemen yang bersifat meneruskan dari perusahaan
yang sudah ada.
Pengambilan
risiko merupakan gaya perilaku dengan penuh perhitungan, merupakan suatu
keterampilan yang dapat ditingkatkan. Berikut prosedur untuk menganalisis
sebuah risiko yaitu:
1.
Taksiran risiko
Pertama menaksir ada tidaknya risiko yaitu apa terdapat potensi
rugi dalam memilih sebuah alternatif. Misalnya, dihadapkan pada kebutuhan
peningkatan produksi untuk memenuhi tambahan permintaan. Pilihannya adalah:
a.
Tetap pada tingkat permintaan
sekarang
b.
Membeli peralatan lebih banyak untuk
memenuhi permintaan
c.
Menyewa peralatan untuk memenuhi
permintaan
d.
Mensubkontrakkan kepada
produsen-produsen yang lebih kecil.
Apabila
mempunyai arus kas baik, cadangan kas kuat, atau kemudahan kredit baik, dan
jika permintaan dapat dipastikan meningkat pada waktu yang akan datang, maka di
sini terdapat sedikit risiko di dalam memutuskan salah satu dari
alternatif-alternatif, meskipun alternatif pertama akan merupakan pilihan yang
tidak bijaksana untuk diambil karena mengabaikan peluang peningkatan laba.
Keadaan lain,
peningkatan permintaan tidak dapat dipastikan. Misalnya: produk atu jasa bisa
menjadi uang karena inovasi-inovasi dari pihak pesaing, atau lebih banyak
perusahaan yang masuk dalam bidang yang sama, atau pasar sedang mendekati titik
jenuh. Lebih jauh lagi, bisnis tidak mampu menginvestasi jumlah yang
dikehendaki karena tidak ada kepastian apakah modal akan kembali. Kondisi ini
terdapat berbagai derajat risiko, dan berkaitan dengan berbagai tingat laba
potensial (sukses) untuk berbagai alternatif.
2.
Tujuan dan Sasaran
Langkah berikut
adalah mempertimbangkan kebijakan-kebijakan dan sasaran-sasaran perusahaan.
Sasaran-sasaran sebuah perusahaan dirumuskan: mencapai pertumbuhan secara
perlahan, mantap atau tidak tumbuh atau pertumbuhan dalam bidang lain. Pelaku
usaha berani memutuskan apakah risiko yang muncul itu taat azaz dengan tujuan
dan sasaran perusahaan, apabila taat azaz proses pengambilan keputusan
diteruskan dan lakukan penaksiran alternatif secara rinci.
3.
Teliti Alternatif
Contoh:
pengembalian risiko tertentu (keputusan untuk meluaskan produksi) konsisten
dengan sasaran-sasaran perusahaan, maka langkah selanjutnya mengadakan survai
berbagai alternatif. Alternatif-alternatif ditentukan secara rinci sehingga
semua biaya dapat ditelaah dengan obyektif. Sebagian besar biaya merupakan
biaya finansial, tetapi jika ditinjau memungkinkan sebaiknya memperhitungkan
‘biaya pribadi’, sosial dan fisik. Misalnya, apakah sebuah alternatif menita
usaha pribadi? Apakah kegagalan akan menjatuhkan prestise sosial?
Perlumenentukan biaya keuangan dan biaya-biaya lain untuk setiap alternatif
yang dapat dijalankan.
4.
Kumpulkan Informasi
Tahap selanjutnya mengumpulkan informasi secara intensif sehingga
penafsiran setiap kemungkinan realistik dapat dibuat secara realistik. Ramalan
pasar dibuat untuk setiap permintaaan dalam berbagai kemungkinan kondisi yang
dapat terjadi. Reaksi dari pesaing ditaksir dan akibat dari reaksi
diperhitungkan. Berbagai akibat sebaiknya ditelusuri dengan kesimpulan-kesimpulan
logis.
a.
Apabila permintaan mendekati titik
kejenuhan, apakah modifikasi produk mendorong kenaikan permintaan di pasar
baru.
b.
Apakah terdapat pasar-pasar baru
jika kegiatan persaingan mengurangi bagian pasar yang sekarang?
c.
Dapatkan peralatan mesin modifikasi
dengan mudah untuk membuat produk-produk lain.
d.
Apakah ada kemungkinan para pembekal
dan subkontraktor menaikkan harga-harga jika permintaan bertambah?
Laba yang
diperoleh perusahaan untuk setiap alternatif diukur atas dasar informasi pasar,
ramalan-ramalan dari permintaan masa depan, penaksiran reaksi persaingan dan
berbagai ramalan lain termasuk perilaku dari yang terlibat dalam situasi ini,
seperti perusahaan jasa keuangan atau produsen peralatan.
5.
Minimkan Risiko
Menentukan langkah berisikan penaksiran secara realistik tentang
sejauh mana dapat mempengaruhi keadaan, mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
a.
Kesadaran yang jelas tentang
kemampuan dan kekuatan perusahaan.
b.
Kreativitas dalam menentukan cara
mengubah keadaan (demi keuntungan).
c.
Kemampuan merencanakan taktik dan
strategi untuk mewujudkan perubahan.
d.
Dorongan, energi dan antusias untuk
melaksanakan strategi.
6.
Rencanakan dan Laksanakan Alternatif
Sebauh alternatif telah dipilih, susun sebuah rencana untuk
pelaksanaan. Rencana memuat jadwal, rumusan tujuan yang jelas, seperangkat
rencana darurat untuk hasil yang akan terjadi, dan proses umpan-balik sehingga
perubahan-perubahan yang diperlukan dilaksanakan dengan segera.
BAB III
MATERI PRODUK
Rumah sudah
jelas merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Rumah
merupakan tempat tinggal bagi semua anggota keluarga, selain itu rumah juga
harus menjadi tempat hunian yang nyaman untuk beraktivitas dan berinteraksi
antar anggota keluarga sehingga setiap anggota keluarga merasa betah untuk
tinggal di rumah. Untuk menciptakan hunian yang yang nyaman dan harmonis perlu
adanya usaha yang dilakukan antara lain dengan menambah nilai artistik sebuah
rumah itu sendiri. Cara untuk menambah nilai seni suatu rumah diantaranya
dengan memberi desain, baik desain eksterior maupun interior.
Desain interior
yang dimaksud adalah desain interior gypsum. Suatu rumah yang nyaman tidak harus
besar namun rumah yang kecil pun bisa menjadi nyaman apabila mempunyai nilai
artistik yang dapat membuat anggota keluarga merasa betah untuk tinggal di
rumah. Desain interior yang dapat mempercantik rumah sangat banyak sekali,
diantaranya adalah seni mempercantik plafon rumah yang disebut gypsum.
3.1
Definisi List
dan Do (tempat lampu) Gypsum
Gypsum adalah batu putih yang terbentuk karena pengendapan air
laut. Gypsum merupakan mineral sulfat yang paling umum di bumi dan terbanyak
dalam batuan sedimen, dan lunak bila murni. Dalam dunia perdagangan biasanya
gipsum mengandung 90% CaSO4.2H2O (Habson, 1987). Menurut Sanusi (1986) gypsum
adalah suatu senyawa kimia yang mengandung dua molekul hablur dan dikenal
dengan rumus kimia CaSO4.2H2O. Dalam bentuk murni gypsum berupa kristal
berwarna putih dan berwarna abu-abu, kuning, jingga atau hitam bila kurang
murni. Dengan perlakuan panas, tekanan, percampuran dengan unsur-unsur yang
lain dapat menghasilkan berbagai jenis gypsum.
Alam menyediakan dua macam gypsum yaitu anhidrit dan dehydrate. Gypsum
yang disuling disebut dengan anhidrit dibentuk dari 29,4 % zat kapur (Ca) dan
23,5 % belerang (S). Secara kimiawi, satu-satunya perbedaan antara kedua jenis
gypsum ini adalah dua molekul air yang ada dalam senyawanya. Dehydrate (CaSO4 +
2H2O) berisi dua molekul dan air sedangkan anhidrit (CaSO4) tidak berisi
molekul air. Pada umumnya, gypsum mempunyai air yang dihubungkan dalam struktur
molekular (CaSO4.2H2O) dan kira-kira 23,3 % Ca dan 18,5 % S. Gypsum digunakan
untuk pembuatan bangunan plester, papan dinding, ubin,sebagai penyerap untuk
bahan-kimia, sebagai pigmen cat dan perluasan, dan untuk pelapisan kertas.
Gypsum mentah juga digunakan untuk campuran
portland semen. Warna sebenarnya adalah putih, tetapi mungkin saja diwarnai
kelabu, warna coklat, atau merah. Berat jenisnya adalah 2.28 - 2.33 dan
kekerasan Mohs 1,5 - 2. Gypsum menjadi kering ketika dipanaskan sekitar 374oF
(190oC), membentuk hermihydrate 2CaSO4.H2O, yang merupakan dasar dari
kebanyakan plester gypsum. Disebut sebagai gypsum calcined, pada saat digunakan
untuk pembuatan hiasan, bahan gypsum calcined dicampur dengan air, membentuk
sulfate hydrated yang akan mengeraskan.
Sanusi (1986) menyebutkan bahwa dalam penggunaan gypsum dapat
digolongkan menjadi dua macam seperti dipaparkan dibawah ini :
1.
Yang belum mengalami kalsinasi
Dipergunakan dalam pembuatan semen portland dan sebagai pupuk.
Jenis ini meliputi 28% dari seluruh volume perdagangan.
2.
Yang mengalami proses kalsinasi
Sebagian besar digunakan sebagai bahan bangunan, plester paris.
Bahan dasar untuk pembuatan kapur, bedak, untuk cetakan alat keramik, tuangan
logam, gigi dan sebagainya. Jumlah tersebut meliputi 72% dari seluruh volume
perdagangan.
Gypsum sebagai perekat mineral mempunyai sifat yang lebih baik
dibandingkan dengan perekat organik karena tidak menimbulkan pencemaran udara,
murah, tahan api, tahan deteriorasi oleh faktor biologis dan tahan terhadap zat
kimia (Purwadi, 1993). Saat ini gipsum sebagai bahan bangunan digunakan untuk
membuat papan gypsum dan profil pengganti eternit asbes. Papan gypsum profil
adalah salah satu produk jadi setelah material gypsum diolah melalui proses pabrikasi
menjadi tepung. Papan gypsum profil digunakan sebagai salah satu elemen dari
dinding partisi dan plafon.
3.2
Kegunaan List
dan Do Gypsum
List dan DO (tempat lampu) gypsum dipergunakan untuk kelengkapan
keindahan interior ruangan yang dipasang pada pertemuan dinding ruangan dan
atap plafon. Dengan bahan dasar tepung gypsum atau sering disebut dengan
istilah casting dan serat fibre glass atau juga disebut dengan roving untuk
pembuatan list dan do, ini menggunakan cetakan yang terbuat dari bahan resin
fibre untuk masternya.
Lis dan Do gypsum sangat baik dan lebih kuat saat pengerjaan
berlangsung, dengan bentuk lis gypsum ornament pilihan yang dekoratif dapat
dipasang untuk ruangan minimalis hingga bergaya modern dan etnik dan tentunya
menjadikan anggota keluarga menjadi betah untuk tinggal di rumah sehingga
menjadi keluarga yang harmonis.
3.3
Keindahan List
dan Do gypsum
Bentuk list dan Do (tempat lampu) gypsum banyak ukuran dan
ragamnya, ada list gypsum untuk minimalis, polos dan motif, sedangkan untuk Do
ada beragam variasi seperti bentuk bunga mawar, bentuk arab, oval dan lain
sebagainya. Agar tampilan lis gypsum pada interior plafon terlilhat tidak
monoton, maka penempatan dan pemasangan lis gypsum yang tepat dengan di
dekorasi sesuai fungsi ruangan dan selerah pemiliknya, ini dapat menambahkan
nilai ruangan. Apabila jika ditambah dengan hiasan plafon menggunakan Do dengan
berbagai jenis misalnya ada dekoratif dome (lingkaran bulat) atau drop ceiling
(turun-naik plafon) atau center pice (hiasan lampu), sehingga ruangan rumah
akan terlihat lebih indah, mewah dan elegan.
BAB IV
PEMBAHASAN
ANALISIS
4.1
Wirausaha
Sudah di
jelaskan bahwa kedua konsep mengenenai wirausaha (entreprenuer) yang
didefinisikan oleh Kurotku dan Hodgetts (2001) dan didefinisikan oleh Zimmerer
dan Scarborough (2005) disebutkan bahwa entreprenuer merupakan tindakan
seseorang yang berani menanggung risiko sebuah bisnis, adanya pertumbuhan
bisnis, dan hasilnya akan meningkatkan kapitalisasi perusahaan. Sebagai seorang
wirausahawan tentunya harus mempunyai empat karakteristik sebagai berikut:
1.
Menjalankan sebuah bisnis yang
mempunyai kemungkinan menghasilkan keuntungan.
2.
Berani menanggung dan menerima
risiko bisnis tersebut di masa-masa yang akan datang.
3.
Bisnis yang sedang dijalani akan
mempunyai kesempatan bertumbuh.
4.
Perusahaan akan membuat inovasi dan
terjadi kapitalisasi bisnis tersebut.
Dalam usaha bisnis yang saya dirikan ini akan memenuhi
karakteristik entreprenuer yang sudah saya sebutkan tadi. Bahwa pada
karakteristik pertama (1) tersebut
memang jika ingin menjalankan suatu usaha atau bisnis harus mempunyai
kemungkinan untuk untung, karena tujuan utama seseorang dalam bisnis adalah
untuk mendapatkan profit atau mendapatkan keuntungan. Sebelumnya telah
mendapatkan tugas untuk membuat proposal bisnis usaha sehingga untuk
memungkinkan apakah usaha yang akan dijalankan mengalami laba ataupun malah
mengalami kerugian, namun kenyataanya dalam dalam pembuatan proposal tersebut
diperkirakan pada penjualan satu bulan sudah mengalami keuntungan. Akan tetapi
jika malah sebaliknya atau mengalami kerugian maka sebagai seorang wirausahawan
akan mengecek kesalahan-kesalahan yang telah terjadi sehingga mampu untuk
mengembalikan sebuah usaha tersebut menjadi sebuah usaha yang bagus artinya
para konsumen mampu untuk percaya akan kualitas produk tersebut dan mau untuk
membelinya.
Karakteristik yang kedua (2) bahwa harus menaggung dan menerima
risiko. Sebagai seorang wirausaha memang harus siap dengan risiko-risiko yang
akan dihadapi pada saat ini maupun pada masa-masa yang akan datang. Sebagai
seorang wirausaha yang mendirikan bisnis Gypsum tentunya risikonya adalah
banyaknya para pesaing atau para penjual list dan do gypsum.
Karakteristik yang ketiga (3) bisnis yang sedang ditekuni akan
mempunyai kesempatan bertumbuh. Dalam berbisnis memang harus mengembangkan atau
menumbuhkan uasaha tersebut, dalam bisnis yang saya tekuni ini kemungkinan akan
bertumbuh mengingat akan banyaknya para manusia yang membangun rumah maupun
bangunan kantor sehingga hal tersebut memungkinkan usaha bisnis list dan do
gypsum mampu untuk tumbuh atau berkembang.
Sedangkan karakteristik yang keempat (4) adalah membuat inovasi dan
terjadi kapitalisasi. Inovasi dalam berbisnis tentu sangat penting, karena
inovasi merupakan titik utama dalam mengembangkan bisnis tersebut. Tanpa
berinovasi usaha yang sedang dijalani akan kalah bersaing dengan usaha orang
lain dan tentunya perusahaan yang tanpa berinovasi akan mengalami kerugian atau
malah menjadi bangkrut (gulung tikar).
Sebagai seorang wirausaha tentunya akan mendapati tekanan-tekanan.
Seseorang yang berwirausaha harus mampu untuk mengatasi tekanan-tekanan supaya
mampu untuk mencapai tujuan utama bisnis tersebut. Saya sebagai wirausaha
bisnis Gypsum dalam mengatsi tekanan-tekanan tersebut dengan cara menciptakan
hubungan dengan berbagai pihak seperti keluarga maupun saudara dan yang lain
sehingga mampu untuk bercerita mengenai masalah yang dihadapi atau mengenai
persoalan-persoalan mengenai bisnis tersebut agar nantinya mendapatkan jalan
keluar.
Selain dengan cara tersebut saya akan mengatasinya dengan cara
berkomunikasi dengan pekerja, bahwa sebagai entreprenuer mau membuka
pintu dan berdiskusi dengan para karyawan, sehingga hubungan baik tersebut
mampu untuk membantu seorang wirausaha menyelesaikan suatu masalah.
Dalam usaha gypsum saya sudah mendelegasikan / membagi tugas atau
sudah membuat struktur organisasi sehingga semua pekerjaan tidak saya kerjakan
sendiri. Namun pekerjaan tersebut dikerjakan para karyawan yang sudah mempunyai
tugas masing-masing sehingga hal tersebut juga dapat mengatasi tekanan-tekanan entreprenuer.
Nilai wirausaha yang saya miliki belum terlalu baik, karena saya
mengembangkan usaha orang tua saya sehingga nantinya menjadi sebuah usaha yang
jauh lebih baik lagi. Dalam membuat sebuah usaha diperlukan mental yang kuat
untuk menghadapi tantangan-tantangan ataupun risiko bisnis tersebut. Apalagi
dalam usaha bisnis gypsum ini risiko yang mungkin dihadapi adalah sedikitnya
para pembeli karena pemikirannya bahwa untuk menjadikan rumahnya nyaman dengan
cara pemasangan plafon gypsum memerlukan uang yang banyak. Akan tetapi anggapan
mereka salah, dengan uang yang cukup atau tidak terlalu banyak juga bisa
menjadikan rumahnya nyaman atau bisa memasang plafon sesuai dengan bahan atau
kualitas yang sesuai dengan uang tersebut.
4.2
Jiwa Wirausah
Sebagai seorang
wirausaha atau entreprenuer keberhasilan tergantung pada kesediaan untuk
bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan belajar tentang diri sendiri untuk
mencapai tujuan yang sesuai dengan keinginannya. Risiko dan kegagalan pasti
ada, sebagai pelaku usaha mengambil risiko dengan jalan menerima tanggung jawab
atas tindakan sendiri. Sedangkan kegagalan harus diterima sebagai pengalaman
belajar. Pencapaian tujuan berhubungan dengan kemampuan maupun keterampilan.
Terima diri sendiri, tekankan kekuatan-kekuatan serta kurangi kelemahan, jujur
dan agresif dalam mengejar tujuan, dan dipastikan mencapai tujuan yang positif.
Pada saat
memikirkan usaha apa yang seharusnya didirikan maka ada
pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu sehingga akhirnya saya membuat
keputusan untuk membuat usaha bisnis List dan Do Gypsum.
Pertimbangan-pertimbangan tersebut sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi
kemungkinan kegagalan yang datangnya mungkin dari diri sendiri atau dari dalam
maupun yang datangnya dari luar.
Saya sebagai
seorang wirausaha tentunya harus yakin dan optimis dengan bisnis yang telah
saya pilih yaitu usaha jual list dan do gypsum, dan harus mampu mengambil
risiko yang tentunya akan saya hadapi. Sebagai seorang pemimpin atau manajer harus mudah bergaul, menanggapi saran
dan kritik sehingga menjadikan bisnis tersebut menjadi lebih baik. seoarang
pemimpin harus bisa menunjukkan jati diri sebagai wirausaha, mampu
menyelesaikan masalahnya dengan tidak membawa masalah pribadinya kedalam bisnis
tersebut. Jati diri saya sebagai seorang wirausaha belum bisa dikatakan baik,
karena saya belum terlalu bisa untuk berbisnis. Tetapi saya belajar berbisnis
dari orang tua saya sehingga mampu untuk terjun ke dunia bisnis. Dalam
berbisnis gypsum harus mampu membedakan kualitas-kualitas yang baik dan yang
buruk. Saat ini saya sudah belajar mengenai kualitas-kulitas yang baik dan yang
buruk sehingga jati diri sebagai seorang wirausaha sudah sedikit demi sedikit
mulai ada.
Sebagai pelaku
bisnis memiliki kemampuan tertentu yang dapat diterapkan pada sejumlah karir.
Dalam mengembangkan sikap kewirausahaan pada karir saya memilih karir yang
mewujudkan diri secara kreatif dan yang memungkinkan pertumbuhan profesi atau
pribadi, dengan maksud tidak menganggap remeh kemampuan maupun bakat diri
sendiri.
Dalam memulai
karir, saya mencontoh atau memperhatikan orang tua saya atupun orang lain yang
berbisnis sama, sehingga saya mengetahui teknik bagaimana untuk mencapai
kesuksesan yang tentunya untuk mengembangkan karir saya sendiri. Namun saya
tidak meniru secara gelap, akan tetapi lebih memperhatikan aspek khusus dari
pelaku usaha yang berhasil, sehingga mampu mengembangkan sifat positif melalui
kegiatan sehari-hari.
Sikap mental
dan perilaku positif sangat saya butuhkan dalam menjalankan usaha ini. Sikap
mental pada otak merupakan alat yang berdaya luar biasa, karena mampu
menyediakan waktu beberapa saat untuk memikirkan sesuatu yang memungkinkan
terarah pada kegiatan-kegiatan tertentu. Bahwa pikiran saya harus terorganisasi
dengan baik agar mampu untuk memusatkan pada permasalahan sehingga dalam
menghadapi suatu masalah sudah siap dengan sikap mental yang kuat.
Sedangkan
perilaku positif memudahkan kita untuk memfokuskan pada kegiatan, kejadian dan
atas hasil yang diinginka. Prilaku positif tersebut akan saya lakukan dengan
cara menjauhkan pikiran dan ide-ide yang negatif yang akan mengakibatkan usaha
yang saya jalankan terganggu. Selain itu juga saya harus mampu untuk bergaul
dengan teman-teman saya yang berwirausaha sehingga mampu untuk searing
sehingga mampu untuk menggunakan pikiran yang produktif.
4.3
Risiko Usaha
Semakin
bertambah besarnya perusahaan, maka bertambah banyak persoalan yang akan
dihadapi. Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan menghendaki bahwa pelaku
usaha tidak takut mengambil keputusan dan bersedia menerima resiko tertentu.
Sebagian pengusaha merasa takut mengambil risiko karena ingin amandan mengelak
kegagalan, tetapi semua tahap pekerjaan mengandung risiko, dimana merupakan
bagian dari kegiatan pelaku usaha.
Kondisis
berisiko dapat terjadi apabila pelaku usaha atau seorang wirausahawan membuat
pilihan dari dua alternatif atau lebih, sehingga mampu mengakibatkan hasilnya
tidak diketahui dan harus dinilai secara obyektif. Kondisi yang seperti itu
mampu mengandung potensi kegagalan dan keberhasilan.
Sebagai seorang
wirausaha harus tepat dalam pengambilan keputusan risiko, baik itu risiko yang
besar maupun yang kecil, baik itu risiko
yang datangnya dari dalam maupun yang dari luar. Dalam usaha yang saya dirikan
ini risiko yang saya hadapi adalah para
pesaing yang banyak dikalangan desa sekitar undaan. Saya harus bisa memikirkan
atau membuat keputusan untuk mengatasi hal tersebut agar saya mendapatkan
konsumen meskipun ada banyak para pesaing. Untuk mendapatkan pelanggan atau
konsumen bisa dilakukan dengan berpromosi, memperkenalkan produk-produk yang
dijual dengan bahan yang kualitasnya bagus dan harganya juga terjangkau. Selain
masalah tersebut juga ada yang lain yaitu pemikiran para konsumen bahwa
pemasangan plafon gypsum memerlukan banyak uang, oleh karna itu perlu adanya
penjelasan kepada para konsumen. Untuk mengatasi hal tersebut pada saat
melakukan promosi tidak hanya memperkenalkan produk list dan do saja tetapi
juga menjelaskan biaya yang di keluarkan dalam pemasangan plafon. Harga
pemasangan plafon tersebut tergantung pada motif list dan do yang dipilih dan
juga partikel plafon yang dipilih.
Dalam bisnis
saya telah mengalami atau mendapatkan risiko maka saya perlu untuk
mengembangkan ide, karena jika telah mengembangkan suatu ide yang kreatif, maka
risiko tertentu akan menyertai pelaksanaannya dalam mengurangi risiko.
Terkadang
konsumen lebih menyukai motif list yang berbuga, oleh sebab itu saya harus
mengembangkan ide-ide baru agar para konsumen tidak hanya menyukai motif bunga
saja tetapi juga menyukai list yang minimalis. Membuat inovasi-inovasi baru
juga perlu dilakukan untuk terwujudnya suatu ide sehingga konsumen lebih
tertarik dengan produk yang baru.
Pendelegasian
wewenang juga sangat dibutuhkan pada usaha saya ini. Saya sebagai pelaku usaha
akan mengarahkan tugas-tugas para karyawan supaya mampu untuk mencapai tujuan
usaha bisnis ini. Namun dalam mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab kepada
karyawan juga akan mengandung risiko yang berakibat positif maupun berakibat
negatif, sehingga mau tidak mau saya harus menanggungnya.
Usaha saya agar
dalam pendelegasian wewenang tidak mengandung atau mengakibatkan risiko yang
negatif sehingga dalam pencapaian tujuan jadi terhalang, saya memberikan
motivasi kepada para karyawan saya, sehingga tugas-tugasnya mampu dikerjakan
dengan baik tanpa mengakibatkan risiko yang negatif.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Sebagai seorang wirausaha (entreprenuer) harus mengetahui
bagaimana cara mengelolanya, bagaimana dengan keadaanya di saat ini maupun di
masa depan dan juga harus mempertimbangkan keuntungan-keuntungannya. Selain itu
sebagai seorang entreprenuer tentunya harus siap dengan segala
risiko-risiko yang dihadapi dan mampu untuk mengatasinya.
Sebagai seorang wirausaha atau entreprenuer keberhasilan
tergantung pada kesediaan untuk bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan
belajar tentang diri sendiri untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan
keinginannya. Risiko dan kegagalan pasti ada, sebagai pelaku usaha mengambil
risiko dengan jalan menerima tanggung jawab atas tindakan sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman, 2014, Kewirausahaan: Kasus dan Implementasi,
Galaksi Nusindo, Semarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar