PROPOSAL USAHA
“HANIK REZKI FASHION”
Disusun sebagi salah satu syarat untuk memenuhi nilai pada mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr.Drs Sukirman S.Pd. SH. MM
Disusun oleh:
Nama : Hanik Munawaroh
Nim: 201511323
Kelas: 4A
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN 2017
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata kuliah kewirausahaan dengan membahas susunan-susunan dalam bentuk proposal yang berjudul “ HANIK REZKI FASHION ”.
Dalam penyusuann proposal ini, tak sedikit hambatan yang kami hadapi, namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan proposal ini tidak lain berkat bantuan dorongan dan bimbingan orangtua sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Dr.Drs Sukirman S.Pd. SH. MM yang telah memberikan tugas, petunjuk kepada kami sehingga kami bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
Dalam penulisan tugas proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan baik pada teknis maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal ini. Harapan kami semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Kudus, 25 Maret 2017
Penulisan
Daftar Isi
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Visi dan Misi Usaha
Tujuan Pendirian Usaha
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
BAB IV PRODUK USAHA
4.1 Jenis dan Macam Produk
4.2 Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan
4.4 Kelebihan Pakaian
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Target dan Segmentasi Pasar
5.2 Faktor Kompetitif
5.3 Rencana Penjualan
BAB VI RENCANA KEUANGAN
Analisa biaya usaha
Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
BAB VII PENUTUP
7.1 Kesimpulan..............................................................................................................
LAMPIRAN
ABSTRAK
Kewirausahaan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewirausahaan sangat besar peranannya di dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. Kewirausahaan merupakan perumbuhan ekonomi, kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam arti tingkat hidup yang lebih baik dan bermutu. Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berjasa, bercipta berkarya dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahannya atau kiprahnya kewirausahaan adalah proses mengidentfikasi, mengembangkan dan membawa visi kedalam kehidupan.
Saya harapkan nantinya usaha yang dikembangkan kakak saya ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang akan saya berikan untuk produk kedepannya nanti. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari kewirausahaan ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik kewirausahaan yang memotivasi dan berprestasi.
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kakak saya berinisiatif untuk membuka usaha toko baju dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Tentunya di Daerah soko puluhan yang tepatnya di dukuh soko adalah kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha dikarenakan di daerah saya masih kurang toko-toko pakain remaja yang up to date dijaman sekarang ini. Saya harapkan nantinya usaha yang dikembangkan kakak saya ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang akan saya berikan untuk produk kedepannya nanti.
mepunyai toko baju sendiri kelihatannya mudah untuk menambah uang jajan, tapi saya disini juga masih membantu kakak saya untuk memasarkan produknya dan saya juga berinovasi memberikan nama toko baju ini dengan julukan “HANIK REZKI FASHION” asal nama toko baju ini berawal dari nama teman seperjuangan dalam membuat dan mendirikan usaha masing-masing. Di daerah yang cocok didirikan toko baju ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi sandangannya dengan harga terjangkau.
1.2 Konsep Usaha
Dengan membuat advertisement secara online di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dan melakukan transaksi ataupun bisnis online. Dengan cara ini saya optimis hanik rezki fashion akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyrakat. Selain itu saya mempromosikan dari mulut ke mulut melalui kerabat, teman ke teman, tetangga.
1.3 Visi dan Misi
Visi :
Mitra dan solusi bagi masyarakat terutama para remaja dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yan up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi :
1. Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
2. Menghasilkan laba yang pantas yang untuk mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan deviden yang memuaskan bagi para pelanggan.
3. Mengkonsumsi berbagai jenis kaos yang terkait dengan kebutuhan masyarakat dengan mutu terbaik , harga terjangkau kualitas baik demi kepuasan pelanggan.
4. Menjalin kemitran kerja sama dengan pemasokdan penyalur yang saling menguntungkan.
1.4 Tujuan Usaha
Usaha toko pakaian HANIK REZKI FASHION ini dibuat untuk remaja muda. Yang dimana style anak muda sekarang semakin berkembang. Mengikuti perkembangan tersebut timbul sebuah ide untuk membuat sebuah usaha toko pakaian. Yang dimana menyediakan kebutuhan gaya anak muda zaman sekarang. Dengan desaign yang lagi trend di kalangan anak muda sekarang. Disini juga kakak saya bekerja sama dengan penyablon agar dapat membantu memberikan warna desaign dalam usaha toko kakak saya ini. Saya juga ingin memberikan suatu inspirasi dari desaign yang mengikuti trend di zaman modern ini. Memberikan kualitas produk yang bagus adalah salah satu tujuan dari toko pakaian hanik rezki fashion saya ini.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Proposal usaha toko baju HANIK REZKI FASHION
Data perusahaan
Nama usaha :”HANIK REZKI FASHION”
Tempat : Ds. Sokopuluhan RT 06/01 Kec. Pucakwangi Kab. Pati
Basis operasi : Sokopuluhan-Pucakwangi-Juwana
Bentuk usaha :Perdagangan dengan pengembangan Usaha Mandiri Keci & Menengah (UMKM)
Data pengusaha
Nama : Hanik Munawaroh
Tempat. Tanggal Lahir : Pati, 28 februari 1998
Pendidikan : Sedang menempuh SI Program Study Manajemen
Universitas Muria Kudus
Melihat pada minat masyarakat terutama para remaja muda yang selalu mengikuti trend, kakak saya tergerak untuk mencoba menjalankan bisnis toko pakaian ini karena di daerah pucakwangi tepatnya di desa sokopuluhan belum terdapat toko pakaian ini yang memproduksi kaos remaja muda sekarang. Selain itu, untuk menunjang pemasaran, saya juga berniat menjalankan usaha toko pakaian online yang akan saya lakukan dengan rekan saya dengan segmentasi pasar remaja pengguna internet di seluruh Indonesia. Melihat prospek cerah usaha toko pakaian saya berniat untuk menjalankan usaha ini sebagai salah satu usaha kecil menengah.
2.2 Informasi tentang bisnis yang dilaksankan
Bisnis atau usaha saya bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengn selera masyarakat terutama remaja muda. Sebelumnya kakak saya menjalankan usahanya sendiri,dengan seiringnya waktu saya berfikir lagi untuk membantu atau ikut bekerja sama dalam memasarkan usahanya, maka saya harus mempunyai modal usaha untuk mengikuti beliau karena dalam bisnis online juga memerlukan modal untuk kulakan. Untuk merencanakan pemasaran, usaha kakak saya akan mempromosikan dan mendistribusikan produk melalui toko pakaian yang mudah terjangkau oeh para pembeli/ konsumen. Kenapa kakak saya memilih toko pakaian karena dengan adanya toko baju dapat lebih dijangkau dan mudah ditemukan, sehubung bukanya mulai jam 08:00 samapai 09:30 maka dengan mudah dapat dijangkau oleh konsumen yang akan membelinya. Selain itu, untuk menunjang pemasaran, kakak saya juga berniat menjalankan usaha toko baju online yang akan saya lakukan dengan segmentasi pasar remaja pengguna internet di seluruh Indonesia Adapun maksud dan tujuan saya mendirikan perusahaan ini yaitu:
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah dalam jangkauan.
Mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan motivasi bagi kalangan remaja yang ingin mengikuti bisnis online usaha seperti saya.
Menjalin persahabatan antara pelanggan atau saling tukar informasi dalam usaha.
Mendapat keuntungan atau laba.
2.3 Bentuk badan usaha
Usaha toko pakaian ini adalah usaha yang kini sedang berkembang seiring dengan perkembangan dunia fashion remaja. Usaha toko pakaian ini merupakan sebuah usaha yang merupakan singkatan dari distribution store atau bisa juga disebut sebagai distribution outlet. Usaha ini sebenarnya hampir sama dengan usaha distribusi lain namun memiliki ciri khas yaitu sifat eksekutifnya, produksi tidak dilakukan secara masal sehingga pakaian toko pakaian ini akan memiliki kekhususan tersendiri. Distribusi yang dilakukan usaha kakak saya yaitu distribusi inisiatif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak mungkin.
2.4 Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis untuk berbisnis di Jl. Pasar Soko, lokasi mudah terlihat dari jalan raya dan dekat juga dengan pasar. Dan mendirikan toko pakaian kakak saya harus mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya toko pakaian dibangun atau didirikan ditempat yang biasa anak muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu toko pakaian yang didirikan akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi toko pakaian tersebut. Lokasi yang sedang saya incar di daerah saya terkhusus di dukuh saya sendiri yang ramai penduduk. Karena tempat toko baju berada di pinggir jalan raya.sehingga akan mudah bagi pelanggan untuk mengunjungi toko pakaian saya.
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
BAB IV
PRODUK USAHA
4.1 Sumber-sumber Produk/ bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, saya mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
4.2 Produk yang dihasilkan
semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin dalam sehari.
Jenis bahan pakaian
No.
Nama pakaian
Bahan pakaian
Harga
1
Kemeja
Flannel halus, cotton denim
90.000
2
Jeans
Jeans
105.000
3
Baju
Wolfice, sifon, supernova
70.000
4
Gamis
Katun jepang, wolfice, denim
120.000
5
Rok
Sifon, denim, satin
45.000
6
Jaket
Jeans, sweeter,
120.000
7
Kaos
Babbytarry, cotton combad, spandek
65.000
4.3 Peraatan yang dibutuhkan dalam usaha
Manekin
Dalam sebuah toko pakaian saya, manekin adalah barang yang wajib ada. Manekin adalah patung berbentuk manusia yang berguna untuk mendisplay sebuah produk baik baju, celana, kemaja, gamis.
Meja
Dengan menggunakan meja dapat membantu saya dan kakak saya untuk melayani pembeli atau tempat untuk membayar pakaian yang sudah dibeli.
Kursi
Kursi berguna untuk tempat duduk para pembeli atau palayan saat kecapekan melayani pembeli.
Hanger
Dengn menggunakan hanger saya memilih warna hanger sesuai warna tema toko saya. Atau tidak bigitu saya menggunakan warna hitam dan putih yang warnanya netral. Ini akan semakin menambah daya tarik tersendiri bagi toko saya.
Pembungkus/ plastik
saya menggunakan plastic atau pembungkus dengan warna plastic yang bercetak dengan nama usaha toko baju saya. Dan saya juga berinovasi memberikan hiasan di plastic agar tetap menarik saat dibawa pulang. Karena dengan melihat jenis pembungkus biasanya pengunjung dapat tertarik untuk datang kembali ke toko saya.
Kipas angin
Dengan memfasilitasikipas angin dapat menarik pelanggan untuk tetap berbelanja di toko baju saya. Dengan memberikan kipas angin dapat membantu kesegaran di dalam ruanga, biar para pelanggan tidak kepanasan jika sedang memilih-milih baju.
Rak gantung
rak gantung berguna untuk tempat baju, jaket, kaos, rok dan celana. Gunanya untuk menempatkan pakaian dalam rak gantung, agar para pembeli mudah memilih pakaian yg menurut selera mereka.
4.4 Keunggulan produk
Memiiki bahan yang nyaman dan berkualitas
Bahan yang digunakan pada kaos yang ada di toko pakaian memang mempunyai kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kaos biasa. Pada umumnya bahan pembuat kaos lebih menyerap keringat, lebih lembut dan lebih nyaman ketika dipakai sehingga kaos bisa dikenakan setiap hari.
Motif yang unik
Desaign gambar atau motif yang keren dan unik merupakan daya tarik pertama yang dilihat oleh para kaum muda. Bahkan beberapa toko grosir kaos distro sudah mempunyai kalimat yang unik dan menjadi sangat terkenal. Kaos dengan kalimat seperti ini bisa menarik perhatian orang lain ketika dikenakan. Para remaja yang ingin menjadi pusat perhatian sangat sesuai dengan citra dari kaos yang dijual di toko pakaian.
Mengikuti perkembangan fashion
Dunia fashion selalu mempunyai perkembangan yang cepat, terutama kaos dari distro. Misalnya ada music, tokoh animasi, tokoh terkenal, film, atau apapun yang sedang trend di dunia, maka desain kaos dari toko pakaian akan mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu contohnya adalah ketika sedang terjadi pemilihan presiden Amerika Barrak Obama, saat itu bermunculan kaos dengan gambar Barrack Obama dan menjadi kaos yang laris. Ini yang membuat para pembeli kaos dari toko baju tidak akan pernah tertinggal dengan perkembangan dunia fashion.
Untuk kenangkenangan dan fanatisme
Jika anda menyukai sesuatu, anda bisa membeli kaos untuk menunjukkan kesukaan anda tersebut. Misalnya anda menyukai cub sepak bola, maka anda bisa membeli kaos dengan logo club yang anda sukai. Kaos juga bisa untuk kenang-kenangan ataupun anda bisa menjadikan kaos tersebut menjadoi couple. Misalnya ketika anda pergi ke suatu tempat, anda bisa membeli kaos dengan tulisan khas yang menggambarkan daerah tersebut agar anda selalu teringat dengan tempat yang sudah pernah anda kunjungi.
BAB V
ASPEK PEMASARAN
5.1 Lingkungan usaha
Sengaja saya memilih lingkungan usaha yang ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang sangat memadai. Dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkinkan untuk bersaing secara sehat. Lingkungan yang dekat dengan para pelajar dan ibu ibu muda. Lingkungan yang bersih dan bebas dengan preman-preman akan lebih memudahkan saya di dalam menjalankan usaha toko baju. Menjalin hubungan bisnis yang sehat. Ini akan menimbulkan dampak yang sangat positif demi perkembangan usaha kedepannya. Kondisi pasar yang stabil dengan keramaian, sehingga tidak ada yang mana hari libur sepi pengunjung.
5.2 Target pasar
Target utama pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga dengan mudah mempromosikan produk yang saya miliki.
Mudah di akses
Tempat yang mudah di akses oleh masyarakat akan membuka usaha kita lebih maju. Sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi toko toko baju kita. Dengan cara mempromosikan mulai dari mulut kemulut dan menceritakan kepada teman-teman untuk mengunjungi toko baju saya ini. Karena distro berada di area yang mudah dijangkau oleh kalangan ibu-ibu dan para remaja.
Melalui internet
Internet adalah salah satu tempat kita untuk memasaran produk saya. Sehingga para pelanggan bisa melihat produk baru yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website yang kita punya, atau pun situs jejaring sosial. Dengan menggunakan media online saya bisa dengan mudah mempromosikan kepada seluruh masyarakat atau para remaja yang menggunakan jejaring internet.
Dekat dengan target market
Target utama pemasaran dekat konsumen sehingga dengan mudah kita mempromosikan produk yang saya jual. Dengan membuka usaha toko baju di area banyak masyrakat kemungkinan usaha saya akan mendapatkan pemasok keuangan yang lebih.
5.3 Segmentasi pasar
a. Lingkungan usaha
Sengaja saya memilih lingkungan usaha yang ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang sangat memadai. Dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkin kan untuk bersaing secara sehat. Lingkungan yang dekat dengan para masyarakat, sekolahan dan ponpes. Itulah mengapa saya memilih lokasi tersebut. Dengan harga yang sangat berkualitas dan terjangkau oleh para pelajar dan kalangan ibu-ibu muda maka semakin menarik perhatian dan ingin membeli baju tersebut.Lingkungan yang bersih dan bebas dengan preman – preman akan lebih memudahkan kita di dalam menjalan kan usaha toko baju ini. Sehingga kita juga dapat berbaur dengan lingkungan sekitar. Menjalin hubungan bisnis yang sehat. Ini akan menimbulkan dampak yang sangat positif demi perkembangan usaha kedepan nya.
b. Kondisi pasar
kondisi pasar yang stabil dengan keramaian. Sehingga tidak ada yang nama nya hari libur sepi pengunjung. Misal nya di perkotaan, sehingga masyarakat akan senantiasa banyak yang akan datang. Peluang kesuksesan pun akan semakin jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu ramai baik dari lingkungan setempat maupun dari luar kota.Tingkat keamanan usaha kita pun terjamin dengan ada nya lingkungan yang baik. Dekat dengan rumah warga dan disekitar daerah situ banyak para pemudanya yang menjaga keamanan desa, sehingga para preman maupun orang-orang yang ingin merusak tempat usaha kita akan lebih aman dibandingkan dengan kondisi pasar yang sangat jauh dari perumahan dan keraiman. Karna itu juga menimbulkan was-was bagi diri kita sendiri.
5.4 Faktor kompetitif
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa disekitar lokasi tempat yang saya dirikan usaha toko baju ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian. Dan menurut saya masih kurang toko-toko disekitar lokasi toko baju saya ini. Yang ada di sekeliling toko baju saya hanya toko bahan pokok, apotek, PS an, salon, gorden, jok motor dan bengkel motor. Karna disekeliling belum ada toko baju maka saya berfikir untuk mendirikan usaha toko baju hanik rezki fashion ini. Dengan menyediakan suasana yang nyaman bersih dan harum akan semakin banyak pengunjung yang datang beraiman untuk berbe anja baju di toko baju saya ini. Karna saya menyediakan tempat usaha saya ini dengan senyaman mungkin.
5.5 Rencana penjualan
Penetapan harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
Rp. 90.000
2
Baju
Rp. 70.000
3
Jeans
Rp. 105.000
4
Kaos
Rp. 65.000
5
Rok
Rp. 45.000
6
Gamis
Rp. 120.000
7
Jaket
Rp. 120.000
Pelaksanaan distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya untukn menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
Strategi promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Membuat pamphlet-pamfet berisi produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social maupun forum.
Membuat catalog-catalog mengenai fashion yang sedang up to date di toko baju saya ini.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
Analisa biaya usaha
Biaya tetap
No
Uraian
Jumlah (unit)
Harga (Rp)
Jumlah harga (Rp)
Masa pakai (Th)
Penyusutan (Th)
Penyusutan (Bln)
1
Sewa kios
1
5.400.000
5.400.000
1
1.000.000
83.33
2
Meja
1
250.000
250.000
-
100.000
8.333
3
Kursi
4
20.000
80.000
-
40.000
3.333
4
Rak gantung
6
200.000
1.200.000
-
600.000
50.00
5
Hanger
96
10.000
80.000
-
80.000
6.666
6
Kipas angin
1
300.000
300.000
-
100.000
8.333
7
Manekin
40
20.000
800.000
-
400.000
33.33
Total
8.110.000
193.325
2. Biaya variabel
No
Uraian
Jumlah(unit)
Harga( Rp)
Jumlah harga (Rp)
1
Pakaian
Kemeja
2 lusin
90.000
2.160.000
Baju
3 lusin
70.000
2.520.000
Jeans
2 lusin
105.000
2.520.000
Kaos
3 lusin
65.000
2.340.000
Rok
3 lusin
45.000
1.620.000
Gamis
2 lusin
120.000
2.880.000
Jaket
1 lusin
120.000
1.440.000
Total
16.540.000
Biaya variabel adalah Rp. 16.540.000
3.Biaya lain – lain (perbulan)
No
Uraian
Volume
Harga per unit
Jumlah harga
Jumlah
Unit
1
Promosi
1
Bln
100.000
100.000
2
Listrik
1
Bln
200.000
200.000
3
Gaji Karyawan
1
Bln
750.000
Total
1.050.000
Jumlah biaya usaha
No
Jenis biaya
Jumlah biaya (Rp/bln)
1
Biaya tetap
8.110.000
2
Biaya variable
16.540.000
3
Lain – lain
1.050.000
Total
25.700.000
5.2 Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
No
Jumlah produk
Harga perunit (Rp)
Penerimaan per hari (Rp)
Penerimaan per bulan (Rp)
7 produk
Dibuat Rata-rata 150.000
770.000 ( kurang lebih )
23.100.000
Total
Pendapatan (laba) perbulan = total revenue – total cost
=25.400.000– 23.100.000
= 2.300.000
BAB VII
PENUTUP
Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam memasarkan produknya.
Berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa usaha ini memiliki potensi untuk bisa berkembang dan terus berjalan. Karena pada dasarnya toko baju adalah barang yang pasti dibutuhkan oleh semua kalangan. Apalagi jika dipadukan dengan pola pikir yang kreatif dan inovatif, maka pasti makin banyak yang tertarik untuk memilikinya.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar