PROPOSAL USAHA
“BEAUTY AND THE BEST”
Disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi nilai pada mata kuliah
Kewirausahaan yang diampu oleh Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM.
Disusun Oleh:
SISKA PUSPITA SARI
201511336
Kelas 4B
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata kuliah kewirausahaan dengan membahas susunan-susunan dalam bentuk proposal yang berjudul “ BEAUTY AND THE BEST ”.
Dalam penyusuann proposal ini, tak sedikit hambatan yang kami hadapi, namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan proposal ini tidak lain berkat bantuan dorongan dan bimbingan orangtua sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Dr.Drs Sukirman S.Pd. SH. MM yang telah memberiakan tugas, petunjuk kepada kami sehiingga kami bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
Dalam penulisan tugas proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan baik pada teknis maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal ini. Harapan kami semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Kudus, 25 Maret 2017
Penulis
Daftar Isi
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK ..........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Visi dan Misi Usaha
Tujuan Pendirian Usaha
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
BAB IV PRODUK USAHA
BAB V ASPEK PEMASARAN
1.4 Target dan Segmentasi Pasar
1.5 Faktor Kompetitif
1.6 Rencana Penjualan
BAB VI RENCANA KEUANGAN
1.7 Pengertian Rencana Keuangan
1.8 Analisis Biaya Usaha
BAB VII PENUTUP
1.9 Kesimpulan..............................................................................................................
LAMPIRAN
ABSTRAK
Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam arti tingkat hidup yang lebih baik dan bermutu. Kewirausahaan sangat besar peranannya didalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. Peran kewirausahaan telah teruji dengan adanya bisnis ekoinomi yang melanda bangsa Indonesia. Kewirausahaan yang berbasis pada ekonomi rakyat ternyata mampu bertahan dalam situasi yang sulit. Untuk itu perguruan tinggi yang menjadi salah satu panutan masyarakat dapat mendorong budaya beriwirausaha. Perguruan tinggi diharapkan juga mampu menciptakan wirausaha-wirausahawan yang handal, sehingga mampu memberi dorongan niat masyarakat khususnya mahasiswa untuk berwirausaha. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik kewirasusahaan motivasi berprestasi self efficacy terhadap keinganan berwirausaha.
Saat ini bisnis kosmetik sangat banyak dipasaran dan kemungkinan besar dapat meraup banyak dipasaran dan kemungkinan besar dapat meraup banyak keuntungan karena kaum hawa banyak yang menggunakan kosmetik. Namun dewasa ini terjadi penyalahgunaan bahan- bahan kimia untuk pembuatan kosmetik.
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan menjual kosmetik yang sudah BPOM , dan tidak menimbulkan efek samping. Selain kosmetik saya akan menawarkan kepada pelanggan yaitu Sandang atau pakaian, karena kalau kulit dan wajah sudah terawat maka pakaian akan mengikuti dengan fashion yang mengikuti jaman, agar bisa terlihat balance atau seimbang.
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kondisi ekonomi dijaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalan memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memperhatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan-perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan-perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar atau kebangkrutan sehingga mengakibatkan pengehentian karyawan-karyawan atau yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan karyawan) sehingga menambah angka pengangguran dimana-dimana semakin banyak .
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat dijaman sekarang ini, maka masyarakat dituntut agar lebih untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri , keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Saat ini bisnis kosmetik sangat banyak dipasaran dan kemungkinan besar dapat meraup banyak dipasaran dan kemungkinan besar dapat meraup banyak keuntungan karena kaum hawa banyak yang menggunakan kosmetik. Namun dewasa ini terjadi penyalahgunaan bahan- bahan kimia untuk pembuatan kosmetik.
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan menjual kosmetik yang sudah BPOM , dan tidak menimbulkan efek samping. Selain kosmetik saya akan menawarkan kepada pelanggan yaitu Sandang atau pakaian, karena kalau kulit dan wajah sudah terawat maka pakaian akan mengikuti dengan fashion yang mengikuti jaman, agar bisa terlihat balance atau seimbang.
KONSEP
Mendirikan toko kosmetik dengan cara memasok dagangan kepada agen dan salon kecantikan ataupun Scin care. Berbagai produk kecantikan disediakan di “BEAUTY & THE BEST” yang biasa digunakan untuk merias wajah atau mempercantik kaum wanita. Tidak hanya menjual kosmetik tapi juga mempersilahkan siapa saja yang berkenan menjadi resseler atau ingin dijual lagi dengan keuntangan yang sudah disepakati bersama. Jadi yang mendapatkan penghasilan juga tidak hanya sepihak tapi bisa berbagi rejeki dengan tetangga ataupun teman lainnya. Di Beauty and the best ini juga menyediakan pakaian dan menerima pesenan sesuai selera pembeli.
VISI MISI
Visi :
1. Terkenal dengan kualitas produk dengan bertanda BPOM
2. Terbaik dalam pelayanan pemesanan produk
3. Terkemuka di wilayah Tambakromo
Misi :
1. Mewujudkan kosmetik yang aman dan tidak ada efek samping
2. Mewujudkan pelayanan cepat dan tanggap
3. Mewujudkan daya tarik masyarakat untuk produk kosmetik yang sudah BPOM
ALASAN DIDIRIKAN
Mengapa usaha kosmetik ini didirikan? Pertanyaan ini sering ditanyakan khalayak. Usaha kosmetik Beauty And The Best ini didirikan karena didesa saya tidak ada yang menjual kosmetik secara menyeluruh dan lengkap, apalagi sudah BPOM. Usaha kosmetik yang lengkap dan sudah BPOM jarang yang ada dan didirikan. Untuk persaingannya juga lebih minimalis, tanpa adanya persaingan yang lebih ketat. mengapa usaha ini dinamakan Beauty and the best? Kalian pasti mengetahui film kartun yang berjudul Beauty and the beast, film itu menceritakan dimana binatang yang buas bisa bersanding dengan putri yang sangat cantik. Dengan ketertarikan film tersebut, maka orang yang kurang baik (parasnya) bisa menggunakan produk kecantikan di Beauty and the best bisa mengalami perubahan yang positif, dan orang yang sudah cantik parasnya maka bisa lebih cantik pula. Maka itu dengan adanya usaha kecantikan menyediakan dan mempermudah merias wajahnya dan merawat kulitnya juga memperhatikan kesehatanya.
TUJUAN UTAMA
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha ini adalah :
1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Memasarkan produk kepada masyarakat sekitar
4. Mendapatkan keuntungan besar dengan modal yang tidak terlalu besar
5. Mempermudah masyarakat untuk membeli berbagai produk kosmetik yang BPOM
6. Menjadi usaha kosmetik yang lebih terpecaya dan selalu terdepan
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Data perusahaan
Nama usaha : “BEAUTY AND THE BEST”
Tempat : Ds. Karangawen RT 03/01 Kec. Tambakromo Kab. Pati
Basis operasi : Tambakromo-Kayen-Gabus
Bentuk usaha : Perdagangan dengan pengembangan Usaha Mandiri Kecil & Menengah (UMKM)
Data Pengusaha
Nama : Siska Puspita S
Tempat,Tanggal Lahir : Pati, 18 Januari 1997
Pendidikan : Sedang menempuh S1 Pogram Study Manajemen Universitas Muria Kudus
Usaha yang akan saya jalankan adalah menjual produk kosmetik yang sudah BPOM. Kosmetik adalah bahan-bahan yang digunakan untuk memberikan dampak kecantikan dan kesehatan bagi tubuh. Kosmetika dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Pada abad ke-19, pemakaian kosmetika mulai mendapat perhatian, yaitu selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan.
Kosmetika berasal dari kata kosmein (Yunani) yang berarti ”berhias”. Bahan yang dipakai dalam usaha untuk mempercantik diri ini, dahulu diramu dari bahan-bahan alami yang terdapat di sekitarnya. Sekarang kosmetika dibuat manusia tidak hanya dari bahan alami tetapi juga bahan buatan untuk maksud meningkatkan kecantikan, namun penggunaan bahan kimia ini banyak menimbulkan dampak yang buruk pada kulit.
Maka dari itu saya akan menjual kosmetik dari bahan alami dan yang sudah BPOM yang tidak menimbulkan efek samping dan aman untuk kulit, serta dapat digunakan untuk semua usia. Badan pengawas obat dan makanan badan pengawas obat dan makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah yang bertugas melakukan regulasi, standarisasi, dan sertifikasi prooduk makanan dan obat yang mencakup keselurahan aspek pembuatan, penjualan, penggunaan, dan keamanan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan produk lainnya. Badan pengawas obat dan makanan atau yang disingkat BPOM adalah sebuah lembaga diIndonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan diIndonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food dan Drug Administrasi (FDA) diAmerika Serikat.
Fungsi Badan BPOM berfungsi antara lain :
Pengaturan regulasi, dan standarisasi
Lisensi dan sertifikasi industri dibidang farmasi berdasarkan cara-cara produksi yang baik.
Evaluasi produk sebelum diizinkan beredar
Post marketing vigilance termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi penyedian dan penegakkan hukum
Pre-audit dan pasca-audit iklan dan promosi produk
Riset terhadap pelaksanaan kebijkan pengawasan obat dan makanan
Komunikasi, informasi dan edukasi publik termasuk peringatan publik,
Jenis produk yang akan saya jual adalah semua alat kosmetik dan kebutuhan untuk menunjang kecantikan kaum hawa tidak hanya wanita remaja tapi juga ibu-ibu juga perlu merawat kulit wajah dan seluruhnya, terkhusus untuk ibu-ibu mereka sudah mempunyai keluarga pastinya senang jika mempercantik wajahnya didepan suaminya.
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
DIREKTUR
(SISKA PUSPITA)
SY
Keterangan posisi:
1. Direktur
Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi, Memimpin rapat umum, Mengambil keputusan, Menjalankan tanggung jawab, Mengkoordinasikan peningkatan mutu pelayanan, penelitian, pengabdian dan kerja sama, Bertanggung jawab atas semua proses bisnis perusahaan,.
2. Manajer Keuangan
Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu. mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan. mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut. kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis, melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi, mencatat/pembukuan keuangan perusahaan, mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses, membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahuna, bertanggung jawab terhadap sistem keuangan.
3. Manajer Pemasaran
Merancang dan melakukan kegiatan pemasaran, Merumuskan strategi dan mengkoordinir kegiatan promosi dan branding. kepala bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis, mempromosikan dan memasarkan produk, mendistribuskan produk ke tempat pemasaran, misalnya; toko, warung, atau bahkan super market terdekat
4. Manajer Operasional
Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan system transformasi, perancangan dan desain system, rancangan tugas pekerjaan.
5. Akuntansi
Bertanggung jawab terhadap masalah keuangan, adapun untuk mengaudit keuangan perusahaan dilakukan oleh tim audit dari luar perusahaan.
6. Bendahara
Berfungsi sebagai pemegang dana sementara dalam suatu perusahaan. Memegang hasil penjualan dari laba yang telah didapatkan dari penjualan produksi. Mengatur pengeluaran dan mengorganisir keuangan dari produksi
Bagian Produksi
Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis, bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi, bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen, menjaga kebersihan produk dalam proses produksi, cekatan dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur, mengemas hasil produksi.
8. Periklanan
Bertanggung jawab atas dilakukannya proses pengiklanan atas perusahaan tersebut untuk mendapatkan konsumen. Bisa melalaui via telepon, via internet contohnya facebook, instagram, twitter, line, bbm, whatshap dll.
9. Penjualan jasa
Merumuskan strategi dan mengkoordinir kegiatan promosi dan branding, mepromosikan dan mengikat pelanggan dan bagaimana pelanggan tersebut percaya dengan produk yang ditawarkan.
10. System produksi
Menyediaka petugas atau kurir untuk menjalankan proses pengiriman barang atau jasa. Saat ada pemesanan barang diluar kota yang tidak bisa diajak COD maka biasanya harus membutuhkan pengiriman yang lebih cepat contohnya JNE, JNT, POS, PAKET EXPRESS.
11. Persediaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan pergudangan dan penyediaan barang yang ada ditoko atau tempat penjualan. Barang masih tersedia banyak atau tidaknya yang berperan disini adalah bagian persediaan.
12. Pengawasan
Mempunyai tugas pokok menjaga, merawat, dan memperbaiki peralatan yang ada. Dan mengawasi system pengriman barang atau jasa.
Dari segi Manajemen Sumber Daya Manusia di Beauty And The Best :
Pendidikan dan Pelatihan
Pentingnya pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Program ini tidak hanya diberikan kepada karyawan baru saja tetapi diberikan juga kepada karyawan yang lama untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Antara pendidikan dan pelatihan memang memiliki persamaan yaitu bahwa keduanya berhubungan dengan pemberian bantuan kepada karyawan agar para karyawan dapat berkembang ke tingkat kecerdasan, pengetahuan dan kemampuan yang lebih tinggi. Sedangkan letak perbedaannya bahwa pendidikan lebih bersifat teoritis dan pelatihan lebih bersifat praktis berupa penerapan pengetahuan dan keahlian. Pentingnya pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Program ini tidak hanya diberikan kepada karyawan baru saja tetapi diberikan juga kepada karyawan yang lama untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.
Antara pendidikan dan pelatihan memang memiliki persamaan yaitu bahwa keduanya berhubungan dengan pemberian bantuan kepada karyawan agar para karyawan dapat berkembang ke tingkat kecerdasan, pengetahuan dan kemampuan yang lebih tinggi. Sedangkan letak perbedaannya bahwa pendidikan lebih bersifat teoritis dan pelatihan lebih bersifat praktis berupa penerapan pengetahuan dan keahlian.
Motivasi Kerja
Tugas seorang manajer di tempat kerja adalah untuk mendapatkan hal-hal yang dilakukan melalui karyawan. Untuk melakukan hal ini manajer harus dapat memotivasi karyawan. Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Motivasi praktek dan teori mata pelajaran sulit, menyentuh pada beberapa disiplin ilmu. Meskipun penelitian besar, dasar serta diterapkan, subjek motivasi tidak dipahami dengan jelas dan lebih sering daripada tidak buruk dipraktekkan. Untuk memahami motivasi kita harus memahami sifat dasar manusia itu sendiri. Dan di sana letak masalah manusia bisa sangat sederhana, namun sangat rumit juga. Pemahaman dan penghargaan ini merupakan prasyarat untuk motivasi karyawan yang efektif di tempat kerja dan karena itu manajemen dan kepemimpinan yang efektif.
Evaluasi atau Penilaian kinerja
Evaluasi Kinerja Karyawan adalah kegiatan yang mengkaji kinerja karyawan selama melaksanakan pelayanan administrasi akademik dan pelayanan laboratorium. Manual prosedur ini bertujuan menjamin terlaksananya kegiatan mendapatkan data dan informasi tentang kepuasan mahasiswa terhadap kinerja karyawan bagian administrasi dan laboratorium, secara cepat, periodik, dan tepat.
Tujuan Penilaian Kinerja
Tujuan diadakannya penilaian kinerja bagi para karyawan dapat kita ketahui dibagi menjadi dua, yaitu:
Tujuan evaluasi
Seorang manajer menilai kinerja dari masalalu seorang karyawan dengan menggunakan ratings deskriptif untuk menilai kinerja dan dengan data tersebut berguna dalam keputusan-keputusan promosi. demosi, terminasi dan kompensasi.
Tujuan pengembangan
Seorang manajer mencoba untuk meningkatkan kinerja seorang karyawan dimasa yang akan datang.Sedangkan tujuan pokok dari si stem penilaian kinerja karyawan adalah: sesuatu yang menghasilkan informasi yang akurat dan valid berkenaan dengan prilaku dan kinerja anggota organisasi atau perusahaan.
Manfaat penilaian kinerja karyawan
Pada umumnya orang-orang yang berkecimpung dalam manajemen sumber daya manusia sependapat bahwa penilaian ini merupakan bagian penting dari seluruh proses kekaryaan karyawan yang bersangkutan. Hal ini penting juga bagi perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja. Bagi karyawan, penilaian tersebut berperan sebagai umpan balik tentang berbagai hal seperti kemampuan, kelebihan, kekurangan, dan potensi yang pada gilirannya bermanfaat untuk menentukan tujuan, jalur, rencana dan pengembangan karir.
Dan bagi organisasi atau perusahaan sendiri, hasil penilaian tersebut sangat penting artinya dan peranannya dalam pengambilan keputusan tentang berbagai hal, seperti identifikasi kebutuhan program pendidikan dan pelatihan, rekruitment, seleksi, program pengenalan, penempatan, promosi, sistem imbalan dan berbagai aspek lain dari proses dari manajemen sumber daya manusia secara efektif.
BAB IV
PRODUK USAHA
Beauty and The Best merupakan usaha kosmetik yang juga memasok dari Scin Care yang sudah bekerja sama, juga memasok diagen khusus kosmetik. Diusaha ini tidak memproduksi kosmetik ataupun bedak yang lain.tidak hanya kosmetik tapi juga menjual pakain dari berbagai segala umur. Berikut adalah beberapa produk usaha di Beauty and The Best :
Handbody siang malam
Cream siang malam
Theraskin perpaket
(berjerwat, glowing, komedo,whittening)
Cristal X
Serum vit c
Biospray
Lipstik (berbagai jenis macam lipstik)
Conditioner rambut
Mascara+airliner
Paket aicedo
Frutablend
Dtozym
Cmp
Em-pro
Nes v
Wmp
Lulur roromendut
Body spa
Sabun whittening
Berbagai pakaian ibu-ibu, remaja, anak-anak
BAB V
ASPEK PEMASARAN
Target dan Segmentasi Pasar
Promosi kosmetik yang cepat laku adalah pada tempat seperti toko, supermarket itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut adalah beberapa cara promsi kosmetik yang akan saya lakukan :
Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan kosmetik yang dijual. Dan juga dapat bercengkrama dengan pembeli mengenai kosmetik yang cocok, lebih bisa akrab lagi karena kalau sebagai penjual harusnya berbicara dengan ramah melayani pelanggan dengan senyum menjawab semua pertanyaan dari pembeli mengenai kosmetik yang saya tawarkan.
Pertama kita mengenalkan produk kosmetik pada tetangga terlebih dahulu, memberi tahu bahwasanya disini (tempat dagang) ada yang jualan kosmetik dan sudah BPOM,
Mempermudah tetangga jika ingin beli kosmetik seperti lipstik, mascara, pencil alis, handbody, bedak dll. Jadi pembeli tidak usah pergi jauh jika ingin membeli kosmetik, berjualan melalui mulut ke mulut yang artinya promosi ke tetangga-tetangga maka akan meluas kemana-mana.
Dengan adanya “BEAUTY AND THE BEST” maka para kaum hawa terutama para ibuk-ibuk ataupun remaja umur 17 keatas bisa membeli produk kecantikan dengan lebih dekat, itu dari segi pembeli tetangga. Saya juga menerima pemesanan baju jika sewaktu akan memasok produk kecantikan kepada agen ataupun salon kecantikan seringkali banyak pelanggan yang memesan pakaian, nah dari situ maka keuntangan yang saya peroleh akan bertambah tidak hanya dari kosmetik tapi juga dari keuntungan pakaian. Berawal dari pemesanan pakaian dari situ saya mulai berpikir untuk menjual pakaian juga, jadi jika datang ke toko yang dilihat ada berbagai kosmetik dan pakaian yang mengikuti fashion.
Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba. Karena sekarang kalangan ibu-ibu didesa saya bahkan menyeluruh disemua desa sudah mempunya account Facebook, yang digunakan untuk up-date status, dari keseringan ibu-ibu membuka account facebooknya maka akan mempermudah untuk promosi diFacebook.
Untuk remaja yang berumur 17 tahun ketas pasti sudah mempunya account facebook, bahkan tidak hanya facebook tapi instagram kebanyakan remaja sekarang juga sudah mempunyai account tersebut. Yang paling mudah adalah promosi diBBM, kita harus mempunyai pin bbm mereka (pelanggan) agar kita juga lebih mudah untuk memberitahu promosi produk-produk kecantikan yang kita jual. Biasanya kalau diaccount bbm dibuat grup, grup tersebut diisi dengan berbagai produk kecantikan dari kecantikan rambut sampai kaki.
Melalui iklan brosur, dari selembaran-selebaran brosur yang dibagiakan kepada masyarakat maka akan jauh mempermudah untuk memberitahukan bahwa ada toko kosmetik yang lengkap dan pastinya aman untuk bahan kosmetiknya. Diadalam brosur tersebut disertakan berbagai kelengkapan produk kosmetik kecantikan dan alamat “BEAUTY AND THE BEST” dan tidak lupa juga menyertakan nomor HP dan pin bbm.
Faktor Kompetitif
Untuk menembus tingkat pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan strategi yang akan ditempuh untuk membangun usaha agar mendapatkan respon yang bagus dari konsumen di pasar bersaing. dengan menganaliasa lingkungan internal dan eksternal yang ada di pasar domestik akan mempermudah bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang baik dan efisien. Dalam usaha kosmetik ini banyak sekali pesaing diluar sana yang menjual kosmetik, tapi yang perlu ditekankan bagaimana produk-produk kita menjadi kepercayaan dimasyarakat umum. Untuk di Ds Karangawen belum ada yang menjual kosmetik terlengkap seperti Di Beauty and The Best, biasanya masyarakat jika ingin membeli kosmetik harus pergi terlebih dahulu ke swalayan ataupun mall terlebih dahulu. Maka dari itu saya mulai berpikir membuat usaha kosmetik, dengan adanya pemasok yang sudah Legal dan terbukti. Dan soal harga kami akan leboh istimewakan lagi dengan harga yang terjangkau dan ada banyak discon maka kaum wanita pasti suka dan tertarik dengan produk kecantikan yang kami tawarkan. Membuka resseler bagi yang minta jadi resseler, jika mereka ingin berjualan sendiri tapi menjual produk yang berbeda maka silahkan saja karena produk yang mereka jual belum tentu sudah BPOM dan terbuat dari bahan yang alami. Dari situ nanti bisa dilihat terdapat efek samping dari produk kecantikan yang mereka jual. Dari kami akan lebih gencar lagi untuk meyakinkan masyarakat kalo produk produk di Beauty and The Best benar-benar aman dan tidak ada feke samping yang menyebabkan kaum wanita mengalami kerusakan atau terganggu akan kesehatannya.
Rencana Bisnis
Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk tersebut. Dalam sehari saya dapat menghasilkan dan menjual handbody pemutih sebanyak 5-8 paket siang malam. Terkadang sekali saya memasok handbody 15 paket siang malam langsung diambil semua ressler yang sudah mendapat pesanan dari pelanggan. Seperti liptiks waradah, purbasari, Nyx, mirabella, fifa, dari harga yang paling murah sampe ada yang lebih mahal. Cream siang malam wardah ataupun dari Scin care yang sudah menjadi suppliyer dari toko saya. Dan ada dua yang membantu saya jika ada panggilan promosi dikecamatan lain. Disaat ada panggilan promosi semua jenis produk kosmetik dibawa untuk dikenalkan di kecamatan lain.
Adapun harga - harga dari sebagian produk kosmetik di BEAUTY AND THE BEST yaitu:
1
Handbody siang malam
Rp. 130.000
2
Cream siang malam
Rp. 105.000
3
Theraskin perpaket
Rp. 175.000
4
Cristal X
Rp. 150.000
5
Serum Vit C
Rp. 70.000
6
Bio-spray
Rp. 55.000
7
Lipstik
Rp. 15.000-95.000
8
Condisioner
Rp. 25.000
9
Mascara+ airliner revlon
Rp. 42.000
10
Paket aicsedo
Rp. 57.000
11
Frutablend
Rp. 170.000
12
Dtozym
Rp. 140.000
13
Wmp
Rp.160.000
14
Em-pro
Rp. 120.000
15
Nes-v
Rp. 240.000
16
Lulur roromendut
Rp. 18.000
17
Body-spa
Rp. 32.000
18
Cmp
Rp. 140.000
Perencanan bisnis mengguanakan analisis POAC (Planning, Oraganizing, Acctuating, Control.
Planning
Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di dalam planning, manajer memperhatikan masa depan, mengatakan “Ini adalah apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita akan melakukannya”.
Membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Planning penting karena banyak berperan dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain. Contohnya, setiap manajer harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam kepegawaian organisasi.
Organizing
Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.
Aspek utama lain dari organizing adalah pengelompokan kegiatan ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya. Misalnya kepegawaian, untuk memastikan bahwa sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Memekerjakan orang untuk pekerjaan merupakan aktifitas kepegawaian yang khas. Kepegawaian adalah suatu aktifitas utama yang terkadang diklasifikasikan sebagai fungsi yang terpisah dari organizing.
Actuating
Actuating adalah peran manajer untuk mengarahkan pekerja yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating adalah implementasi rencana, berbeda dari planning dan organizing. Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan.
Controlling
Controlling, memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, manajer harus mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi. Misalnya meningkatkan periklanan untuk meningkatkan penjualan.
Fungsi dari controlling adalah menentukan apakah rencana awal perlu direvisi, melihat hasil dari kinerja selama ini. Jika dirasa butuh ada perubahan, maka seorang manajer akan kembali pada proses planning. Di mana ia akan merencanakan sesuatu yang baru, berdasarkan hasil dari controlling.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
Pengertian
Kebanyakan entrepreneur lebih tertarik pada ide-ide bisnis mereka dan menganggap manajemen keuangan adalah hal yang akan berjalan dengan sendirinya. Mereka berpikir jika bisnis bagus, keuangan juga akan sama bagusnya. Jika usaha untung, maka uang akan mengalir begitu saja. Anggapan tersebut ada benarnya, namun dapat menyesatkan. Memang benar, sumber kas usaha adalah penjualan dan keuntungan. Namun bisnis tidak sekedar bagaimana menghasilkan uang,melainkan juga bagaimana membelanjakan dan mengendalikannya. Manajemen keuangan bukan sekedar bagaimana memanajemen uang kas. Tapi lebih dari itu, manajemen keuangan adalah bagaimana anda mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usaha. Meski sederhana, pengusaha kecil dan menengah pun perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan. Berikut beberapa dasar manajemen keuangan bagi UKM. 1.Pisahkan uang pribadi dan usaha.
Kesalahan paling umum yang dilakukan pengusaha UKM dalam mengelola keuangan adalah mencampur uang usaha dengan uang pribadi. Mungkin karena usaha masih kecil, anda berpikir tidak masalah jika mencampur uang usaha dengan uang pribadi. Namun yang kebanyakan terjadi, anda sulit membedakan pengeluaran pribadi dan usaha. Walhasil, keperluan pribadi sedikit demi sedikit menggerogoti saldo uang usaha. Pisahkan uang secara fisik. Jika perlu siapkan dua kotak atau amplop atau dompet penyimpanan uang yang berbeda. Lebih baik lagi, jika anda menggunakan jasa perbankan.Buka rekening yang khusus digunakan untuk bisnis. Dan yang paling penting. bersikaplah disiplin dalam menerapkan pemisahan ini.
2. Rencanakan penggunaan uang.
Bahkan saat anda memiliki modal lebih banyak dari yang anda kira, anda tetap harus merencanakan penggunaan uang anda sebaik mungkin. Jangan hambur-hamburkan uang meski saldo kas anda tampaknya berlebihan. Tanpa perencanaan yang matang, segera saja anda akan menemukan diri anda dalam keadaan kekurangan dana. Sesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas. Urungkan rencana-rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya. Lakukan analisa “cost and benefit” atau “untung rugi” untuk meyakinkan bahwa penggunaan uang anda tidak bakal sia-sia dan memberikan return yang menguntungkan
3. Buat buku catatan keuangan.
Bisnis tidak cukup dikelola berdasarkan ingatan, melainkan dengan catatan yang lengkap. Minimal anda wajib memiliki buku kas yang mencatat keluar masuknya uang. Lalu cocokkan setiap hari saldo uang dengan catatan anda. Ini untuk mengontrol lalu lintas uang dan memastikan tidak ada uang yang terselip. Selanjutnya tingkatkan kemampuan administrasi anda untuk mencatat penjualan dan biaya-biaya. Tidak kalah penting, anda juga harus mencatat saldo-saldo hutang piutang, persediaan dan aset-aset tetap anda. Jika mampu, gunakan sistem komputer untuk memudahkan proses pencatatan. Dan alangkah lebih baik lagi jika anda bisa menerapkan sistem akuntansi yang memadai.
4. Hitung keuntungan dengan benar.
Tugas anda sebagai pengusaha adalah menghasilkan keuntungan, namun tahukah anda berapa keuntungan yang telah anda dapatkan? Menghitung keuntungan dengan tepat sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Bagian yang paling kritikal dalam menghitung keuntungan adalah menghitung biaya-biaya. Sebagian besar biaya bisa diketahui karena melibatkan pembayaran uang tunai. Sebagian yang lain tidak berupa uang kas, seperti penyusutan dan amortisasi. Sebagian lagi belum terjadi namun perlu dicadangkan untuk dikeluarkan di masa mendatang, seperti pajak dan bunga pinjaman. 5. Putar arus kas lebih cepat.
Jangan hanya berpusat pada keuntungan. Manajemen keuangan meliputi juga bagaimana anda mengelola hutang, piutang dan persediaan barang dagangan. Banyak usaha mengalami kesulitan kas meski catatan akuntansi mereka menunjukkan angka berwarna biru. Perhatikan bagaimana anda memutar kas. Putaran kas anda melambat jika termin penjualan kredit anda lebih lama ketimbang kulakannya, atau jika anda harus menyimpan persediaan barang dagangan. Anda harus mengusahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit anda. Anda juga harus mampu menekan tingkat persediaan sedemikian rupa agar tetap dapat memenuhi order namun tanpa membebani keuangan.
6. Awasi harta, hutang dan modal.
Secara berkala, anda perlu memeriksa persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik. Namun sebelum anda bisa melakukan itu, anda perlu mempunyai administrasi yang memadai untuk mengontrol semua itu. Hal yang sama perlu anda lakukan terhadap piutang-piutang kepada pembeli dan tagihan-tagihan dari suplier. Anda tidak mau ada tagihan yang macet atau kedobelan membayar kepada suplier gara-gara catatan anda berantakan. Jika anda tidak mampu melakukan semua itu sendiri, anda dapat mempekerjakan bagian keuangan dan menetapkan prosedur keuangan yang cukup untuk memastikan bahwa harta kekayaan usaha anda selalu terjaga dengan baik. 7. Sisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha.
Anda berhak untuk menikmati keuntungan dari bisnis anda, namun itu bukan berarti anda boleh menghabiskannya begitu saja. Anda tetap harus menyisihkan sebagian keuntungan untuk pengembangan usaha. Salah satu tugas penting manajemen keuangan adalah menjaga kelangsungan hidup bisnis dengan mendorong dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan. Semakin besar dan luas bidang usaha, semakin kompleks pengelolaan keuangan suatu usaha. Ketika usaha anda melibatkan kreditor dan investor, maka semakin tinggi tuntutan untuk mempunyai sistem pencatatan keuangan yang baik. Keberhasilan bisnis anda tidak hanya ditentukan oleh kemampuan anda menjual, melainkan juga mengatur keuangan.
b. Analisa Biaya Usaha
1. Biaya tetap
No
Uraian
Jumlah (unit)
Harga (Rp)
Jumlah harga (Rp)
Masa pakai (Th)
Penyusutan (Th)
Penyusutan (Bln)
1
Sewa kios
1
2.000.000
2.000.000
1
1.000.000
166.7
2
Estalase
1
600.000
600.000
-
100.000
50.000
3
Tas untuk memasok
2
30.000
60.000
2
2.000
2.500
3
Rak gantung
1
200.000
200.000
2
100.000
16.77
4
Hanger
24
10.000
24.000
4
2.400
833.3
5
Keranjang
4
25.000
100.000
2
40.000
2.083
6
Patung baju
5
20.000
100.000
5
5.000
416.7
Total
3.084.000
54.000
2. Biaya variabel
No
Uraian
Jumlah(unit)
Harga( Rp)
Jumlah harga (Rp)
1
Alat kosmetik
Handbody whittening
10 paket
130.000
1.300.000
Cream siang Malam
10 paket
105.000
1.050.000
Theraskin perpaket
5 paket
175.000
875.000
Cristal x
1 paket (12 biji)
150.000
150.000
Serum vit C
5 biji
70.000
350.000
Bio-spray
3 biji
55.00
165.000
Lipstik purbasari
1 paket
300.000
300.000
Conditioner
4 biji
25.000
100.000
Dan keseluruha produk kosmetik yang belum terdaftar
10 produk
-
Kurang lebih 2.000.000
Total
6.290.000
Biaya variabel adalah Rp. 6.290.000
3.Biaya lain – lain (perbulan)
No
Uraian
Volume
Harga per unit
Jumlah harga
Jumlah
Unit
1
Promosi
1
Bln
100.000
100.000
2
Listrik
1
Bln
200.000
200.000
3
Gaji Karyawan
2
Bln
750.000
1.500.000
Total
1.800.000
Jumlah biaya usaha
No
Jenis biaya
Jumlah biaya (Rp/bln)
1
Biaya tetap
3.084.000
2
Biaya variabel
6.290.000
3
Lain – lain
1.800.000
Total
11.464.000
2). Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
No
Jumlah produk
Harga perunit (Rp)
Penerimaan per hari (Rp)
Penerimaan per bulan (Rp)
18 produk
Dibuat Rata-rata 50.000
900.000 ( kurang lebih )
2.700.000
Total
Pendapatan (laba) perbulan = total revenue – total cost
=11.464.000– 2.700.000
= 8.764.000
BAB VII
PENUTUP
Kesimpulan
Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukansebuah usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam memasarkan produknya.
Berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa usaha ini memiliki potensi untuk bisa berkembang dan terus berjalan. Karena pada dasarnya kosmetik adalah barang yang pasti dibutuhkan oleh semua kalangan. Tidak hanya kaum hawa yang membutuhkan prouduk kosmetik tapi kaum adam juga membutuhkan produk kosmetik, untuk merawat dan menjaga kesehatan. Dan juga fashion seiring dengan perkembangan jaman busana selalu menjdi trend masa kini dan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan.
LAMPIRAN
good
BalasHapus