Minggu, 02 April 2017

Nia Gypsum

PROPOSAL USAHA BISNIS
“NIA GYPSUM”

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
yang diampu oleh Dr., Drs., Sukirman., S.Pd., SH., MM.



Disususn oleh :
Alfiyatur Rohmaniyah
(201511351)
Kelas IV B Manajemen



UNIVERSITAS MURIA KUDUS
FAKULTAS EKONOMI
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb

Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam kita dilimpahkan kepada Rasulullah SAW. Penulis bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberikan hidayah serta taufiq-Nya kepada penulis sehingga tugas proposal usaha bisnis yang berjudul “NIA GYPSUM” dapat terselesaikan.
Dalam pembuatan proposal ini penulis mendapat banyak dukungan dan bantuaan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu:
Bapak Dr., Drs., Sukirman, S.Pd., SH., MM., selaku dosen mata kuliah Kewirausahaan.
Kedua orang tua yang selalu mendukung.
Teman-teman yang telah membantu menyelesaikan.
Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga proposal ini bermanfaat bagi para pembaca. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik guna memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi dan menjadikan proposal maupun tugas-tugas selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Wasalamualaikum wr.wb

Kudus, 24 Maret 2017


  Penulis










DAFTAR ISI

HALAMAN COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Visi dan Misi Perusahaan
Tujuan Pendirian Perusahaan
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
BAB IV PRODUK USAHA
Jenis dan Macam Produk
Alat dan Bahan
Proses Pembuatan
Kelebihan Produk
BAB V ASPEK PEMASARAN
Target dan Segmentasi Pasar
Faktor Kompetitif
Rencana Penjualan
BAB VI RENCANA KEUANGAN
BAB VII PENUTUP
LAMPIRAN










ABSTRAK

Pada saat ini banyak bangunan yang menggunakan gypsum sebagai salah satu komponen bahan bangunan. Penggunaannya dalam bangunan banyak ditemui pada langit-langit atau sering disebut plafon merupakan mineral yang ditemukan dalam bentuk sedimentasi batu-batuan. Hingga kini pengembangan terhadap gypsum semakin meningkat karna kebutuhan para konsumen sebagai suatu seni menghias rumah. Gypsum diproduksi dari bahan dasar bubuk casting yang kemudian dicampur dengan sedikit semen putih sebagai penguat. Dalam pembuatan gypsum cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

























BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Rumah sudah jelas merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Rumah merupakan tempat tinggal bagi semua anggota keluarga, selain itu rumah juga harus menjadi tempat hunian yang nyaman untuk beraktivitas dan berinteraksi antar anggota keluarga sehingga setiap anggota keluarga merasa betah untuk tinggal di rumah. Untuk menciptakan hunian yang yang nyaman dan harmonis perlu adanya usaha yang dilakukan antara lain dengan menambah nilai artistik sebuah rumah itu sendiri. Cara untuk menambah nilai seni suatu rumah diantaranya dengan memberi desain, baik desain eksterior maupun interior.
Oleh karena itu saya menciptakan desain interior supaya rumah menjadi lebih nyaman sehingga anggota keluarga merasa betah dalam berkumpul. Desain interior yang saya buat ini adalah gypsum. Suatu rumah yang nyaman tidak harus besar namun rumah yang kecil pun bisa menjadi nyaman apabila mempunyai nilai artistik yang dapat membuat anggota keluarga merasa betah untuk tinggal di rumah.
Desain interior yang dapat mempercantik rumah sangat banyak sekali, diantaranya adalah seni mempercantik plafon rumah yang disebut gypsum. Tujuan saya dalam membuat gypsum ini adalah untuk tujuan seni dan tujuan ekonomis. Tujuan seni untuk menambah nilai artistik dan nilai estetik yang tinggi pada desain rumah sehingga mampu menjadi hunian yang nyaman serta harmonis. Tujuan ekonomis tentunya untuk menambah pendapatan.
Visi dan Misi
Di dalam mendirikan suatu usaha tentunya sudah menentukan visi dan misi usaha, sudah menentukan sejauh mana perusahaan itu akan berkembang. Berikut ini visi dan misi perusahaan Nia Gypsum :
VISI
 Menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan barang dan jasa plafon gypsum, kasiboard, dll. Sehingga mampu untuk bersaing dan berkembang di pasaran.
MISI
Menjadi sebuah perusahaan yang terdepan dalam bidangnya
Menjadi perusahaan yang sukses dan berkembang
Memuaskan konsumen dengan pembuatan produk yang unggul kualitas terpercaya
Menjadi sebuah perusahaan yang di segani dan dituju oleh para konsumen
Tujuan Pendirian Usaha
Untuk memenuhi kebutuhan para konsumen untuk memperindah ruangan
Menjadi perusahaan yang terpercaya dengan kualitasnya
Menciptakan lapangan kerja bagi para pengangguran




























BAB II
PROFIL USAHA

Usaha gypsum merupakan usaha yang bergerak di bidang barang dan jasa, gpysum merupakan suatu seni. Usaha gypsum ini  telah didirikan di Desa Undaan Kidul oleh Alfiyatur Rohmaniyah.
Berikut profil usaha bisnis gypsum
Nama Usaha : Nia Gypsum
Nama Pemilik : Alfiyatur Rohmaniyah
Bentuk Badan Usaha : Perseorangan
Alamat : Desa Undaan Kidul Rt 05 Rw 02 Gg-07 Kecamatan Undaa
      Kabupaten Kudus
Usaha : Penyedia dan Penjual jasa Gypsum
Konsumen : Umum
Jenis Produk Utama : List, Do, dll.



















BAB III
STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan antara setiap orang untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Demi tercapinya suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan suatu bisnis tersebut. Namun dalam usaha yang saya dirikan ini menggunakan sistem kekeluargaan jadi untuk struktur organisasi masing dalam lingkungan keluarga.
Struktur organisasi  ini hanya mempunyai 3 orang karyawan pembuat List dan Do dan ada 2 orang karyawan dalam pemasangan plafon gypsum dan 1 orang penjual atau pengantar barang.
Bagan Struktur Organisasi












Berikut ini posisi dan tugas masing-masing staf atau struktur organisasi
Posisi
Jumlah
Tugas dan tanggung jawab

Manajer/Bos
1
Tugas : mengelola usaha Gypsum
Tanggung jawab : menjadikan usaha tersebut semakin maju dan berkembang.

Kasir/ Bendahara
1
Tugas : melayani pembayaran setiap pembeli
Tanggung jawab : menghitung setiap uang yang masuk dan keluar.

Pengrajin atau Pembuat
3
Tugas : membuat produk gypsum
Tanggung jawab : hasil produksi bagus, bekerja  keras, trampil dan ulet.

Pengantar barang
1
Tugas : mengantar pesanan dan mengoperasikan produk
Tanggung jawab : barang sampai kepada pembeli dan dalam keadaan baik.






























BAB IV
PRODUK USAHA

Jenis dan Macam Produk
Dalam berusaha bisnis gypsum ini telah menciptakan berbagai macam jenis list dan tempat lampu (DO). Diantara nama list dan Do antara lain adalah :
No
Jenis Produk


List
Do (tempat lampu)

1
Pj besar (dengkul)
Mawar Besar

2
Pj kecil
Mawar Kecil

3
Minimalis
Mandarin

4
Ilat
Minimalis Besar

5
Cengkeh
Minimalis Kecil

6
Horjen
Oval

7
C4
Dung Kecil

8
C7
Dung Besar

9
List S
Merak

10
C27
Do Arab

11
Bawang


12
Bintang


13
List Arab (Allah & Muhammad)


14
Tempel Polos Kecil


15
Tempel Polos Besar


16
Tempel Pentol


17
Tempel Dadung


18
Pita Besar


19
Pita Kecil


20
Kacang


21
Bukur


22
Mandarin


23
Korden


24
Bendel



Alat dan Bahan
Peralatan dan bahan baku yang dibutuhkan dalam pembuatan List dan DO (tempat lampu) yaitu :
Alat
Citakan List dan DO
Ember
Mal
Kuas
Tali
Kepe

Bahan
Casting
Casting merupakan bahan pembantu utama dalam pembuatan List dan Do. Casting ini berwarna putih seperti bubuk, casting yang baik yaitu casting dengan bentuk bubuk yang semakin lembut dengan wrna yang sangat putih. Untuk mendapatkan casting dapat diperoleh di toko-toko tertentu yang menyediakan bahan tersebut, seperti toko bangunan dengan merk yang bervariasi seperti jaya board, elephant board, dll.
Untuk perawatan casting sebaiknya ditaruh di tempat yang kering dan tidak lembab serta jangan sampai terkena percikan air sedikit pun, dengan maksud agar casting tidak mudah mengeras.
Semen Putih
Semen putih ini nantinya akan dicampur dengan kasting tersebut.
Air
Air nantinya digunakan sebagai bahan untuk mencampur casting yang sudah dicampur dengan semen putih. Air yang sebaiknya digunakan yaitu air yang tidak mengandung garam, karena air yang mengandung kadar garam yang tinggi menyebabkan gypsum tidak tahan lama atau mudah pecah. Gunakan saja air sumur, PAM, maupun air artetis.
Roving
Roving dalam pembuatan List dan Do ini digunakan sebagai bahan penguat. Roving berbentuk seperti serabut yang sudah tertata rapi, sehingga nantinya jika digunakan tinggal memotong sesuai ukuran. Untuk perawatan roving sebaiknya ditaruh di tempat yang kering.
Minyak
Minyak ini digunakan sebagai pengoles dalam citakan. Minyak yang digunakan adalah minyak goreng dengan dicampur sedikit solar agar hasilnya lebih optimal dan nantinya mudah lepas jika sudah jadi.
Proses Pembuatan
Dalam proses pembuatan List dan Do melalui beberapa proses kegiatan. Proses tersebut harus dikerjakan secara runtut dan benar agar menghasilkan gypsum yang sesuai dengan keinginan dan tentunya kualitasnya tetap bagus. Tahap-tahap proses pembuatan list dan do yaitu :
Proses awal ini yaitu siapkan cetakan lalu oleskan minyak kedalam cetakan tersebut.
Setalah menyiapkan proses pertama selanjutnya mencapurkan bahan casting yang sudah di campur dengan semen putih kedalam ember yang berisi air. Takaran air sesuai dengan ukuran list maupun do yang dibuat. Usahakan saat pencampuran jumlah air dan casting seimbang agar hasilnya tidak terlalu cair maupun terlalu padat. Selanjutnya aduk-aduk hingga rata dan adukan inilah yang digunakan untuk mencetak list maupun do.
Adukan tadi dituangkan ke cetakan sedikit demi sedikit hingga merata dan rapikan adukan tersebut.
Setelah adukan sudah rata selanjutnya tambahkan roving di atas adukan tadi, usahakan agar setiap bagian dari adukan pada cetakan diberi roving semua supaya nantinya list tersebut tidak mudah patah saat dibawa maupun di angkat. Setelah itu roving tadi di tutupi dengan adukan tadi. Pada ujung roping jangan lupa dikasih tali sebagai penggantung.
Lalu list dirapikan kembali dengan mal sampai benar-benar rapi. Kemudian rapikan pinggiran list dengan membuang pinggiran pakai kepe. Setelah hal tersebut dilakukan tunggu sekitar 15 menitan untuk diangkat.
Setelah didiamkan kurang lebih 15 menit, angkat list tersebut dan gantungkan.
Kelebihan Produk
Keuntungan atau kelebihan produk ini dari pada produk yang lain yaitu tidak mudah patah dan tidak lembek. Produk ini juga proses keringnya lebih cepat dibanding dengan produk-produk orang lain, intinya kualitas terpercaya dan harganya pun terjangkau.










BAB V
ASPEK PEMASARAN

Dengan melaksanakan aspek pemasaran, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih mudah dan lebih terarah, dan tentunya sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan sebuah kepuasan bagi para konsumen. Selain itu sebuah perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan masing-masing segmen.
Target dan Segmentasi Pasar
Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah undaan kudus dan sekitarnya. Diperkirakan dengan jumlah penduduk di wilayah undaan tersebut, jika 0,5% dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran pemasaran terkait terhadap produk List dan DO, maka akan ada calon konsumen sekitar kurang lebih 15 konsumen.
Usaha pemasaran gypsum saya ini tentunya kepada orang-orang yang sudah mempunyai rumah sendiri dengan rata-rata pendapatan menenhag ke atas maupun menjalin sebuah relasi dengan kontraktor perumahan.
Faktor Kompetitif
Faktor kompetitif pada usaha saya ini bahwa gypsum yang dihasilkan lebih kuat, tahan lama serta tidak lembek dan mudah kering. Selain itu juga menyediakan berbagai motif-motif baru. Dalam hal pengguna produk kami melakukan pendekatan kepada toko bangunan, kontraktor perumahan dan pemilik-pemilik bangunan yang dianggap berpotensial.
Rencana Penjualan
Rencana penjualan yang akan dilakukan yaitu dengan cara :
Melakukan promosi kepada para konsumen dengan cara yang menarik atau bisa dengan menunjukkan gambar List, Do maupun pemasangan plafon gypsum yang bagus dan tentunya sangat indah untuk menarik para konsumen.
Dengan memasang banner di pinggir jalan maupun dengan membagi-bagikan brosur yang berisikan produk usaha kepada rekan, keluarga maupun disebarkan ketempat-tempat umum.
Selain kedua cara diatas rencana penjualan dapat dialkukan dengan cara berpromosi di sosial media, dengan membuat status di sertai dengan berbagai macam jenis gambar List, Do maupun pemasangan Plafon Gypsum.
Satu lagi promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut, karna dengan cara ini di mungkinkan mampu menjaring pelanggan jauh lebih banyak. Dengan cara ini dapat menemukan pelanggan dengan sendirinya.































BAB VI
RENCANA KEUANGAN

Rencana keuangan ini bisa dilihat dibawah ini :
Modal Awal
Perkiraan modal awal yaitu :
Investasi
Tanah milik sendiri
Bangunan Rp 15.000.000,-
Peralatan Rp 23.000.000,-
Lain-lain Rp 6.000.000,-
Total investasi Rp 44.000.000,-
Modal Kerja
1 bulan biaya pegawai Rp 4.000.000,-
1 bulan biaya oprasional Rp 2,5.000.000,-
Total modal kerja Rp 6,5.000.000,-

Total modal awal Rp 50,5.000.000,-

Spesifikasi Jenis-jenis Investasi
Jenis Investasi
Spesifikasi
Harga

Bangunan
Luas 9m x 7m bangunan tembok
Rp 15.000.000,-

Peralatan
Cetakan, cat dll
Rp   5.000.000,-

Transportasi
Colt
Rp 18.000.000,-

Lain-lain
Bor, gergaji, paku, casting, semen putih dll
Rp   6.000.000,-

Jumlah biaya akuisisi
Rp 44.000.000,-


Sumber dana modal awal
Tipe
Sumber
Lama Pinjam
Jumlah

Modal Ikuotas
Simpanan Sendiri
-
Rp 34,5.000.000,-

Pinjaman
Keluarga dan saudara-saudara
+ 3 tahun
Rp 16.000.000,-

Total Dana
Rp 50,5.000.000,-
































BAB VII
PENUTUP

Kesimpulannya bahwa proses produksi sangat penting karena perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang sebagian besar kegiatannya adalah memproduksi produk. Tanpa adanya proses produksi yang baik dan efektif, maka perusahaan tidak dapat berjalan lancar, dan tentunya hal tersebut akan merugikan pihak konsumen maupun produsen. Inovasi produk tentu saja selalu dilakukan, karena keinginan setiap produsen mengenai desain produk yang berbeda-beda.
Dalam proses segmentasi pasar pada perusahaan ini dibidik atau di fokuskan pada warga desa undaan kidul dan sekitarnya. Dalam proses produksi berlangsung dengan semestinya. Tipe proses produksi yang terjadi di perusahaan ini atas dasar karakter aliran prosesnya, proses produksinya menggunakan sistem intermiten. Sedangkan kalau menurut ordernya menggunakan proses produksi untuk pemasanan.
Pasa perusahaan ini mempunyai visi dan misi, diantara visi dan misi tersebut yaitu :
Visi : “Menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan barang dan jasa plafon gypsum, kasiboard, dll. Sehingga mampu untuk bersaing dan berkembang di pasaran.”
Misi :
Menjadi sebuah perusahaan yang terdepan dalam bidangnya
Menjadi perusahaan yang sukses dan berkembang
Memuaskan konsumen dengan pembuatan produk yang unggul kualitas terpercaya
Menjadi sebuah perusahaan yang di segani dan dituju oleh para konsumen











Lampiran-lampiran

3 komentar:

  1. Cukup efisien untuk memenuhi aspek estetika bangunan khususnya di bidang seni, sehingga dengan adanya gypsum tersebut kita tak usah banyak pikir kesana kemari untuk mencari bahan yang minimalis tapi kualitas sangat elegan

    BalasHapus
  2. itu Harganya berapa aja? kok di jenis produk gak sekalian di kasih harga

    BalasHapus